Satu-satunya pasien positif COVID-19 di Siak dinyatakan sembuh

Satu-satunya pasien positif COVID-19 di Siak dinyatakan sembuh

Pasien positif COVID-19 sudah dinyatakan sembuh dan boleh pulang. (ANTARA/HO-Pemkab Siak)

Siak (ANTARA) - Seorang pasien positif COVID-19 yang dirawat di RSUD Tengku Rafian Kabupaten Siak dinyatakan sembuh setelah hasil laboratoriumnya negatif, bahkan sudah dipulangkan ke rumahnya di kabupaten setempat.

"Alhamdulillah pasien asal Kecamatan Kandis.ini pada Minggu (26/04) pukul 10.00 WIB sudah dinyatakan sembuh, hasil laboratoriumnya sudah keluar semua dan dinyatakan negatif," kata Direktur RSUD Tengku Rafian Siak, dr Benny Chaeruddin, Minggu.

Pasien berjenis kelamin laki-laki paruh baya itu juga sudah boleh berkumpul bersama keluarganya. Oleh karena itu, kata Benny, penyakit COVID-19 bisa sembuh asal mau berusaha melawannya dengan mengikuti pelayanan medis.

Baca juga: Sempat dibawa pulang, jenazah di Siak dikubur sesuai protokol COVID-19

Baca juga: Istana Siak ditutup untuk umum, antisipasi penyebaran wabah Corona


Dia menyatakan pihaknya telah berusaha melayani sepenuh hati dan mudah-mudahan tak ada masalah di kemudian hari. "Jangan takut, jangan panik tapi tetap waspada. Jaga jarak supaya bisa diputus rantai penularannya," ujarnya.

Pasien sembuh tersebut telah sampai di rumahnya dengan selamat sekitar pukul 14.00 WIB tadi. Pihak kecamatan dan Puskesmas setempat juga menyampaikan rasa terima kasih kepada seluruh dokter dan tenaga medis yang telah merawat.

Sebelumnya pasien positif COVID-19 ini memiliki riwayat perjalanan dari Medan, Sumatera Utara dan sudah dirawat sejak 2 April 2020 di RSUD Siak. Saat itu suhu badannya tidak stabil dan mengalami sakit di bagian tenggorokan.

Pasien positif COVID-19 di Siak ini menjadi yang ke-24 di Riau yang diumumkan pemerintah pusat maupun provinsi. Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Provinsi Riau dr. Indra Yopi mengungkap pasien ke-24 positif di Riau menyebut bahwa profesi M ini adalah seorang pedagang.

Baca juga: 12 TKA asal China di Siak bebas virus COVID-19, sebut Imigrasi

Secara keseluruhan saat ini di Kabupaten Siak Pasien Dalam Pengawasan ada 28 orang tersebar di 11 dari 14 kecamatan di Kabupaten Siak terhitung sejak 16 Maret sampai saat ini. Rinciannya, 16 orang masih menjalani perawatan, 10 dirawat di Siak, satu di Perawang, lima di Pekanbaru. Tujuh PDP dinyatakan sembuh, dan lima lainnya meninggal dunia.
Pewarta : Bayu Agustari Adha
Editor: Endang Sukarelawati
COPYRIGHT © ANTARA 2020