KKP ingin pastikan bahwa produksi harus tetap berjalan. Tiap hari distribusi bantuan benih ini terus berjalan...
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Kelautan dan Perikanan telah menyalurkan bantuan sebanyak 53,1 juta ekor benih ke berbagai daerah selama periode Maret hingga April 2020, yang merupakan masa pandemi COVID-19 mulai merebak di Indonesia.

"KKP terus lakukan intervensi untuk meredam dampak ekonomi COVID-19 guna memastikan proses produksi tetap berjalan," kata Dirjen Perikanan Budidaya KKP Slamet Soebjakto dalam siaran pers di Jakarta, Minggu.

Ia memaparkan, bantuan benih sebanyak 52,1 juta ekor benih ikan/undang itu telah disebarkan di 67 kabupaten/kota dan diterima oleh sekitar 1.060 pembudidaya yang tergabung dalam 106 kelompok pembudidaya ikan skala kecil.

Bantuan benih tersebut terdiri dari 6,5 juta ekor untuk benih ikan air tawar; sebanyak 44,7 juta ekor benih ikan air payau dan 1,9 juta ekor benih ikan air laut.

"Stimulus jangka pendek ini kami pastikan terus didorong di berbagai daerah melalui 15 UPT yang tersebar di Indonesia. KKP ingin pastikan bahwa produksi harus tetap berjalan. Tiap hari distribusi bantuan benih ini terus berjalan dan menyasar pembudidaya ikan terdampak," ujarnya.

Baca juga: KKP tebar 2,7 juta benih ikan lokal awal 2020

Slamet juga memastikan dukungan tersebut juga tidak hanya menyasar pembudidaya, namun juga pembenih ikan.

Ia mengatakan hingga April ini, KKP telah mengalokasikan dukungan induk/calon induk bagi pembenih setidaknya sebanyak 29.450 ekor, yang dinilai akan langsung meningkatkan produktivitas budidaya.

"Masalah yang dihadapi para pembudidaya ikan saat ini yakni inefisiensi. Ini yang kita beri stimulus agar beban biaya produksi tidak terlalu berat dan menghambat proses produksi. Saya meyakini subsektor akuakultur bisa lebih cepat pulih. Paling tidak jaminannya ada dua yakni tekan biaya produksi, perlancar rantai pasok," paparnya.

Menurut dia, intervensi bantuan langsung input produksi termasuk induk/calon induk benih berkualitas dan juga akan akan membantu dalam mengatasi permasalahan biaya produksi.


Baca juga: KKP distribusikan benih ikan lele dan udang galah unggul

Baca juga: KKP distribusi benih lele hasil riset unggul ke pondok pesantren

Pewarta: M Razi Rahman
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2020