Polisi putar balik ratusan kendaraan hendak menyeberang dari Bakauheni

Polisi putar balik ratusan kendaraan hendak menyeberang dari Bakauheni

Kapolres Lampung Selatan AKBP Edi Purnomo saat menjelaskan kondisi di seputaran wilayah tugasnya kepada Kapolda Lampung Irjen Purwadi Arianto, beberapa waktu lalu. (ANTARA/HO)

Lampung Timur (ANTARA) - Kapolres Lampung Selatan AKBP Edi Purnomo menyatakan pihaknya telah memutarbalikkan ratusan kendaraan penumpang dari Pulau Sumatera yang hendak menyeberang melalui Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan ke Pelabuhan Merak, Banten selama pelaksanaan Operasi Ketupat Krakatau 2020 yang dimulai 24 April hingga 30 Mei.

Operasi Ketupat Krakatau 2020 Polda Lampung salah satu tugasnya melaksanakan keputusan Pemerintah terkait larangan mudik dan pembatasan kendaraan yang diatur lewat Surat Keputusan Menteri Perhubungan Nomor 25 Tahun 2020.

"Selama Operasi Ketupat, sampai dengan hari ini sudah ratusan kendaraan penumpang yang kita putar balik," kata AKBP Edi Purnomo dihubungi lewat telepon dari Lampung Timur, Minggu siang.

AKBP Edi Purnomo menerangkan, pada awal pelaksanaan Operasi Ketupat, setiap hari jajarannya memutarbalikkan kendaraan penumpang sekitar 50 hingga 70 unit.
Adapun sekarang volumenya berangsur turun, seiring masyarakat tahu adanya larangan mudik dari Pemerintah.
Baca juga: Pelabuhan Bakauheni sementara waktu tak seberangkan penumpang

Saat ini, per hari, Polres Lampung Selatan memutarbalikkan sekitar 27 kendaraan dari Sumatera yang akan menyeberang ke Pulau Jawa.

"Kalau awal banyak yang kita putar balik, karena masih banyak masyarakat yang belum tahu ada larangan mudik. Sekarang sudah mulai turun, sekarang per hari berkisar 27 kendaraan kita putar balik, bus juga mulai berkurang," ujarnya pula.

Menurut Edi Purnomo, mereka yang kendaraannya disuruh putar balik bisa memaklumi.

"Alhamdulillah mereka mengerti dan mau putar balik," katanya lagi.

Edi Purnomo menyebutkan, penyekatan kendaraan dilaksanakan di jalur masuk Pelabuhan Bakauheni, di Pelabuhan Bandar Bakau Jaya (pelabuhan untuk barang), selanjutnya titik pengecekan di pintu ke luar dari pelabuhan menuju tol dan pintu ke luar tol.

Kapolres Lampung Selatan AKBP Edi Purnomo itu pun mengimbau masyarakat mematuhi kebijakan Pemerintah agar tidak mudik.

Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan sekarang sudah tidak menyeberangkan penumpang baik pejalan kaki maupun di atas kendaraan, terkecuali kendaraan yang membawa barang dan logistik.

"Kami tetap berharap masyarakat mematuhi aturan Pemerintah untuk tetap berdiam saja di rumah. ASDP Bakauheni juga sekarang tidak melayani pembelian tiket orang pribadi, kendaraan roda dua, dan mobil pribadi. Kalau tidak ada kepentingan mendesak jangan mudik, tetap di rumah, patuhi imbauan Pemerintah dan jangan panik," kata dia pula.

Pelaksanaan Operasi Ketupat Krakatau 2020 Polres Lampung Selatan mengerahkan 300 petugas gabungan, terdiri unsur Polri,TNI, Satpol PP, dan BPBD.
Baca juga: ASDP: Tidak ada penutupan penyeberangan di Pelabuhan Bakauheni
Pewarta : Triono Subagyo dan Muklasin
Editor: Budisantoso Budiman
COPYRIGHT © ANTARA 2020