Jakarta (ANTARA) - Pebalap tim Red Bull Alexander Albon meraih kemenangan perdananya pada ajang Grand Prix virtual F1 setelah menjuarai seri keempat yang digelar di sirkuit virtual Interlagos, Brazil, Minggu.

Albon mematahkan dominasi pebalap Ferrari Charles Leclerc, yang memenangi dua seri sebelumnya, berkat startegi pitstop dan penampilan minim kesalahan dalam balapan sepanjang 36 putaran, separuh jarak sebenarnya.

Leclerc harus puas finis peringkat ketiga setelah terkena penalti tambahan waktu tiga detik, sedangkan pebalap tim Williams George Russell menjadi runner-up.
 

"Setelah usai, saya gemetaran....saya rasa Charles sangat cepat... tapi saya rasa saya punya strategi yang lebih baik," kata Albon setelah balapan usai.

Baca juga: Vinales raih kemenangan perdana Yamaha di balapan virtual MotoGP

Hari ini seharusnya jatah Sirkuit Zandvoort menggelar Grand Prix di Belanda, namun pandemi virus corona telah memaksa musim balapan F1 tertunda.

Balap virtual yang resmi digelar F1 itu hari ini menggunakan layout sirkuit Interlagos karena Zandvoort belum tersedia dalam versi video game F1 2019.

Setelah babak kualifikasi selama 18 menit, pebalap Formula E, Stoffel Vandoorne dari tim Mercedes berhak start dari pole position.

Namun, start terdepan, mantan pebalap F1 itu justru kehilangan traksi sehingga Albon melesat melewati empat pebalap di depannya untuk memimpin lomba.

Baca juga: Penalti renggut kemenangan Leclerc di balap virtual Not The GP Series

Sang pebalap Red Bull bersaing ketat dengan Leclerc dari lap ketiga, silih berganti mengambil alih posisi terdepan, mengulangi duel ketat mereka di seri sebelumnya di China.

Dengan performa mobil yang disamakan, Leclrec memutuskan untuk melawan Albon dengan ban hard setelah masuk pit lebih awal di lap ke-13. Albon, sementara itu, berganti kompon medium tiga lap berselang.

Tak terhitung berapa kali mereka saling bergantian memimpin lomba hingga finis.

Namun sial bagi Leclerc. Di lap ke-23 ia melanggar batas trek sehingga diganjar penalti tambahan waktu tiga detik.

Baca juga: Vettel jalani debut balap virtual di Legends Trophy

Kendati finis kedua setelah Albon, Leclerc harus rela melorot ke peringkat tiga setelah penalti, digantikan oleh George Russell dari tim Williams yang finis dua detik setelahnya.

"Setelah 35 lap kemungkinan ada 20 overtake, atau 25? Saya tak ingat angka pastinya," kata Leclerc.

"Setelah terkena penalti, saya tak terlalu memikirkan itu karena saya hanya ingin bersenang-senang. Saya sangat menikmati balapan ini, ini waktu yang menyenangkan."

Seri keempat balap virtual F1 itu turut diramaikan oleh legenda reli asal Norwegia Petter Soldberg, bintang kriket Inggris Ben Stokes dan Stuart Board, serta kapten tim AC Milan Alessio Romagnoli.

Baca juga: Guenther kembali juara di seri kedua balap virtual Formula E

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2020