Relawan Indonesia Bersatu gelar tes cepat penumpang di Bandara Soetta

Relawan Indonesia Bersatu gelar tes cepat penumpang di Bandara Soetta

Ketua Umum Relawan Indonesia Bersatu Lawan COVID-19, Sandiaga Uno bersama pejabat PT Angkasa Pura II (Persero) meninjau tes cepat terhadap 87 Warga Negara Indonesia yang tiba dari Singapura di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Senin (4/5/2020). (HO-Relawan Indonesia Bersatu Lawan COVID-19)

Jakarta (ANTARA) - Relawan Indonesia Bersatu Lawan COVID-19 yang dipimpin Sandiaga Uno menggelar tes cepat (rapid test) terhadap penumpang pesawat di Terminal 3 Kedatangan Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten.

Sandiaga melalui keterangan tertulis, di Jakarta, Senin, mengatakan tes cepat dilakukan kepada 87 warga negara Indonesia (WNI) yang menumpang pesawat Garuda Indonesia (GA-813) dari Singapura.

"Hasilnya negatif semua," kata Sandiaga pula.
Baca juga: Relawan COVID-19 Sandiaga Uno bagikan sembako dan masker di Makassar

Tes cepat tersebut dikatakan Sandiaga, berkat kerja sama Relawan Indonesia Bersatu dengan Kementerian Kesehatan RI dan PT Angkasa Pura II (Persero).

Menurut Sandiaga, Bandara Internasional Soetta merupakan pintu masuk yang harus dilakukan rapid test massal agar dapat memutus mata rantai penyebaran COVID-19.

Tes cepat tersebut dilakukan khusus terhadap Pekerja Migran Indonesia yang baru tiba di Jakarta dari Singapura guna mencegah penularan COVID-19.

Lebih lanjut, Sandiaga menjelaskan rapid test yang digelar Relawan Indonesia Bersatu Lawan COVID-19 menjadi salah satu kegiatan yang efektif dan tepat sasaran untuk keselamatan rakyat Indonesia.

"Karena pelabuhan udara ini adalah gerbang pertama masyarakat dari luar negeri yang berpergian dan harus menjadi prioritas rapid test khususnya bagi WNI," ujar Sandiaga.
Baca juga: Cairkan suhu politik, relawan Jokowi-Sandiaga bersatu lawan COVID-19

Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas 1 Soekarno-Hatta Anas Ma’ruf menambahkan petugas telah mengawasi secara ketat terhadap kedatangan seluruh WNI dari luar negeri.

Anas mengapresiasi langkah Relawan Indonesia Bersatu melakukan tes cepat bekerja sama dengan Kemenkes RI dan PT Angkasa Pura II untuk mencegah penyebaran COVID-19.

"Kita harus berkolaborasi untuk bisa mencegah penyebaran COVID-19 masuk ke Tanah Air. Kami yakin dengan kolaborasi maka wabah ini bisa segera teratasi," ujar Anas.

Relawan Indonesia Bersatu Lawan COVID-19 menyiapkan 13 dokter dan beberapa tenaga medis pada tes cepat di Bandara Internasional Soetta.

Sandiaga juga didampingi para koordinator Relawan Indonesia Bersatu Lawan COVID-19 yakni Founder Kahmipreneur Kamrussamad dan anggota Kahmipreneur Ahmad Fauzi.
Baca juga: Rapid test yang digelar relawan Sandiaga nyatakan 28 orang reaktif
Pewarta : Zuhdiar Laeis
Editor: Budisantoso Budiman
COPYRIGHT © ANTARA 2020