Jakarta (ANTARA) - Samsung resmi merilis smartphone terbarunya dari seri A, yakni Galaxy A31, yang merupakan penerus dari Galaxy A30s yang meluncur tahun lalu, dengan membawa peningkatan dari sisi baterai dan kamera.

"Keluarga baru A series ini berfokus pada tiga key aspect, awesome quad-camera, display dan juga performance dengan menggunakan Super AMOLED, dan longlasting battery live diupdate dari Galaxy A30s," ujar Product Marketing Manager Samsung Electronics Indonesia, Irfan Rinaldi, dalam peluncuran virtual, Selasa.

Jika pendahulunya dibekali baterai 4.000mAh, Galaxy A31 mendapatkan pembaruan kapasitas baterai menjadi 5.000mAh, yang didukung dengan teknologi fast charging.

Dari sisi performa, Galaxy A31 juga dibekali alat untuk gaming dengan fitur AI Game Booster untuk pengalaman bermain game yang lebih optimal, serta frame booster yang mengkompensasi pergantian frame untuk tampilan stabil.

Baca juga: Tablet Samsung diminati untuk bekerja dari rumah

Baca juga: Review-Samsung Galaxy A01, dilengkapi fitur penunjang belajar di rumah
Kamera belakang Galaxy A31 (ANTARA/Arindra Meodia)


Kemampuan untuk gaming tersebut juga didukung dengan layar Super AMOLED yang memiliki kinerja response time di bawah 1m/s sehingga membuat gambar mulus yang sangat berguna untuk para gamer.

Mengusung 6,4 inci Infinity U Display, Galaxy A31 juga dibekali Dolby Armos untuk mendukung audio dalam meningkatkan pengalaman saat bermain game.

Tidak hanya kapasitas baterai yang lebih baik dari pendahulunya, Galaxy A31 juga membawa peningkatan pada kamera dengan konfigurasi empat kamera belakang -- peningkatan dari Galaxy A30 yang memiliki triple camera dengan kamera utama 25MP.

Baca juga: Xiaomi buat ponsel mirip Samsung Galaxy Z Flip?

Baca juga: Tidak secanggih Siri, Samsung akan matikan asisten S Voice

Quad-camera pada Galaxy A31 mengusung kamera utama 48MP dengan ISOCELL untuk menghasilkan foto tajam saat siang hari, dan memanfaatkan teknologi nano-binning untuk meningkatkan kualitas saat dalam kondisi minim cahaya.

Konfigurasi quad-camera Galaxy A31 juga dilengkapi dengan sensor ultra-wide angle 8MP, lensa berkedalaman 5MP, serta yang terbaru lensa makro 5MP dengan jangkauan 3-5cm untuk menangkap detail. Sementara, untuk selfie dibekali kamera depan 20MP.
Kamera belakang Galaxy A31 (ANTARA/Arindra Meodia)


Galaxy A31 datang dengan chipset milik Mediatek Helio P65, dengan RAM 6GB dan ruang penyimpanan 128GB, yang dapat diperluas hingga 512GB.

Selain itu, Samsung juga membekali Galaxy A31 dengan Samsung Pay, yang telah mulai didorong sejak 2019, dengan menggunakan QR Code terintergasi yang dapat diamankan lewat pemindai sidik jari dalam kamera.

"Kita sedang work-in-progress sudah bikin MoU dengan Gojek di akhir 2019 untuk Gopay bisa integrated dengan Smasung Pay lagi in discussion dengan beberapa bank untuk menghadirkan versi virtual untuk e-money," ujar Irfan.

"Saat ini yang sudah in boarding di Samsung Pay, DANA. Mudah-mudahan bisa lebih cepat sehingga lengkap ekosistem Samsung Pay, mulai dari e-wallet hingga banking," dia menambahkan.
Kamera belakang Galaxy A31 (ANTARA/Arindra Meodia)


Hadir dalam tiga pilihan warna prism crush black, white dan blue, Samsung Galaxy A31 dibandrol dengan harga Rp4,199 juta, dan flash sale di mulai hari ini hingga 10 Mei di situs web Samsung dan partner online Lazada, Blibli.com, JD.ID, serta Shopee.

Baca juga: Samsung pastikan peluncuran Galaxy Note20 dan Fold 2 sesuai rencana

Baca juga: Galaxy Z Flip 2 akan hadir dengan tiga kamera

Baca juga: Galaxy Z Flip 2 akan hadir dengan tiga kamera

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2020