KSAL resmikan operasional Lanal Ketapang

KSAL resmikan operasional Lanal Ketapang

Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Siwi Sukma Adji menandatangani peresmian Operasional Lanal Ketapang, Kalimantan Barat, melalui Video Conference, di Auditorium Denma Mabes TNI AL, Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu (6/5/2020). (ANTARA/HO-Dispenal)

Jakarta (ANTARA) - Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Siwi Sukma Adji meresmikan operasional Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Ketapang, Kalimantan Barat, beserta berbagai fasilitas TNI AL lainnya dalam rangka meningkatkan pembinaan kekuatan Sistem Senjata Armada Terpadu (SSAT).

Peresmian itu dilakukan melalui video conference di Auditorium Denma Mabes TNI AL, Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu. Peresmian dengan media vicon tersebut guna mendukung program pemerintah dalam mencegah penyebaran COVID-19.

Peresmian operasional Lanal Ketapang yang merupakan jajaran Lantamal XII Pontianak ini di antaranya meliputi Gedung Mako Lanal Ketapang dengan ukuran 31 x 12 meter, lapangan apel, jalan lingkungan, pagar, gapura, rumah jaga, shelter kendaraan, dan Perumahan Dinas TNI AL Tipe 54.

Baca juga: KSAL: Prajurit harus siap hadapi perkembangan strategis global

Dalam waktu yang bersamaan KSAL juga meresmikan berbagai fasilitas TNI AL lainnya yang tersebar di wilayah Koarmada I, II, dan III.

Di wilayah Koarmada I meliputi Masjid Al Ihsan, Mentigi, dan Dermaga Lanal Banten, di wilayah Koarmada II meliputi Dermaga Lantamal XIII Tarakan yang semula berukuran 200 x 8 m, menjadi 260 x 16 m.

Sedangkan di wilayah Koarmada III Sorong meliputi Gedung Mako Koarmada III, Dermaga Salawati, Masjid Baiturrahman dan Masjid Al Barkah, serta Gereja Oikumene. Sementara itu, di wilayah Mabesal KSAL meresmikan Lapangan Tembak Antares. Acara peresmian berbagai fasilitas TNI AL ini secara simbolis ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh KSAL.

Baca juga: KSAL minta prajurit dan keluarga tidak terpancing berita provokatif

KSAL Laksamana TNI Siwi Sukma Adji mengatakan bahwa bentuk Minimum Essential Force (MEF), termasuk formulasi postur TNI ALke depan menjadi pedoman dalam mengembangkan kekuatan dan kemampuan TNI Angkatan Laut.

Diresmikannya pengoperasionalan fasilitas Lanal Ketapang dan berbagai fasilitas TNI AL tersebut, kata dia, dapat menjadi kemajuan pentahapan pembangunan TNI AL menuju postur yang ideal dan yang diharapkan.

"Pembangunan yang dilaksanakan ini bertujuan untuk meningkatkan pembinaan kekuatan SSAT melalui peningkatan sarana dan prasarana Dermaga KRI, melengkapi fasilitas perkantoran, meningkatkan moril serta mental para prajurit dengan fasilitas kegiatan agama secara bertahap," ujarnya.

Baca juga: Danlantamal I: TNI AL tingkatkan pengawasan jalur ilegal

Hal itu juga merupakan usaha TNI AL dalam menjalankan amanat undang-undang, amanat rakyat, dan dalam usaha menjaga ketahanan nasional serta menjadi tujuan nasional, ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Laksamana Siwi memerintahkan kepada seluruh prajurit TNI AL agar menjaga dan merawat sebaik-baiknya berbagai fasilitas TNI AL yang dibiayai dari uang rakyat, sehingga dapat mendukung tugas-tugas TNI AL sesuai dengan yang diamanatkan oleh undang-undang.

KSAL dalam kesempatan itu melaksanakan Vvcon dengan Pangkoarmada I, Pangkoarmada II, Pangkoarmada III, dan Danlantamal XII.
 
Pewarta : Syaiful Hakim
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2020