Kanopi ITC Roxy Mas terbakar

Kanopi ITC Roxy Mas terbakar

Asap akibat kebakaran yang terjadi di bagian kanopi ITC Roxy Mas, Kamis (7/5/2020). (ANTARA/HO/Sudin Gulkarmat Jakarta Pusat)

Jakarta (ANTARA) - Kanopi pusat perbelanjaan ITC Roxy Mas, Gambir, Jakarta Pusat, terbakar dan menyebabkan kerugian materi ditaksir mencapai Rp150 juta.

"Awalnya seorang karyawan pertokoan Roxy Mas melihat kepulan asap di atap kanopi depan pusat pertokoan roxy yang saat itu diperbaiki. Karyawan itu langsung menghubungi pihak sekuriti dan akhirnya pihak sekuriti menghubungi damkar," kata Kepala Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Sudin Gulkarmat) Jakarta Pusat Asril dalam keterangannya, Kamis.

Usai menerima laporan kebakaran itu, Sudin Gulkarmat langsung menurunkan lima regu beserta mobil pemadam kebakaran untuk memadamkan api yang berada di bagian gedung yang sulit dijangkau itu.

Usaha pemadaman api pertama dimulai sejak pukul 14.45 WIB. Seluruh regu dibantu beberapa petugas keamanan dari pusat perbelanjaan itu mengarahkan semprotan air ke bagian kanopi.

Baca juga: Enam mobil damkar padamkan kebakaran rumah di Pejaten
Baca juga: Damkar turunkan 11 unit padamkan api salah satu ruko di Kebon Kacang


Air yang disemprotkan dari bagian bawah kanopi akhirnya berhasil memadamkan si jago merah dengan kurun waktu hampir selama dua jam. Pemadaman selesai pada pukul 16.35 WIB.

Asril menyampaikan tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut, namun kerugian materiil harus ditanggung hingga ratusan juta oleh pengelola gedung.

Api yang melalap kanopi seluas 150 meter persegi di ITC Roxy Mas itu diduga berasal dari percikan api mesin las yang digunakan pada saat memperbaiki bagian kanopi gedung itu.

"Penyebab kebakaran berasal dari percikan api mesin las yang digunakan untuk perbaikan kanopi," ujar Asril.
Pewarta : Livia Kristianti
Editor: Sri Muryono
COPYRIGHT © ANTARA 2020