Jakarta (ANTARA) - Menteri Kelautan dan Perikanan, Edhy Prabowo meningkatkan kesejahteraan awak kapal pengawas KKP agar dapat lebih semangat dalam menjaga laut Indonesia dari ancaman para pelaku pencuri ikan serta "destructive fishing".

"Alhamdulillah, meskipun belum semua usulan diakomodir, namun upaya untuk meningkatkan kesejahteraan awak kapal pengawas tercapai berupa kenaikan pada beberapa komponen tunjangan yang diperoleh mereka. Mudah-mudahan kenaikan ini semakin meningkatkan semangat dan menjaga integritas Awak Kapal Pengawas dalam memberantas illegal fishing," ujar Menteri Edhy dalam keterangan resmi di Jakarta, Senin.

Peningkatan kesejahteraan awak kapal pengawas KKP itu dapat dilaksanakan setelah Standar Biaya Masukan Lainnya (SBML) yang diajukan KKP disetujui oleh Kementerian Keuangan melalui Surat Nomor: S-334/MK.02/2020 tanggal 30 April 2020.

Berdasarkan surat itu komponen-komponen yang mengalami kenaikan antara lain biaya delegasi untuk Juru Masak, bahan makanan awak kapal pengawas, biaya delegasi operator speed boat pengawas, dan honor Tenaga Kontrak Pelaut.

"Kami memberikan apresiasi dan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada Kementerian Keuangan yang sudah meyetujui usulan SBML yang diajukan oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan," katanya.

Menteri Edhy menambahkan bahwa kenaikan komponen kesejahteraan tersebut merupakan bentuk perhatian dan apresiasi yang diberikan negara atas segala jerih payah dan perjuangan yang luar biasa yang telah ditunjukkan oleh para Awak Kapal Pengawas KKP dalam menjaga laut Indonesia dari ancaman para pelaku illegal fishing serta destructive fishing.

"Tugas yang diberikan oleh negara kepada Awak Kapal Pengawas merupakan tugas yang tidak mudah. Mereka harus berjibaku di laut, sering kali menghadapi perlawanan dari pelaku illegal fishing bahkan terkadang intimidasi dari aparat negara tetangga. Peningkatan kesejahteraan ini layak diberikan, dan mudah-mudahan semakin meningkatkan etos kerja Awak Kapal Pengawas KKP," ujar Edhy.

Dukungan untuk meningkatkan kesejahteraan Awak Kapal Pengawas ini juga memang telah muncul dari berbagai pihak. Beberapa dukungan disampaikan diantaranya oleh Tenaga Ahli Utama KSP, Ali Mochtar Ngabalin dan Anggota Komisi IV DPR pada saat melakukan Kunjungan Kerja Spesifik ke Pangkalan PSDKP Batam.

Pewarta: Zubi Mahrofi
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2020