Kominfo buka beasiswa DTS Online Academy 2020 gelombang kedua

Kominfo buka beasiswa DTS Online Academy 2020 gelombang kedua

Informasi pendaftaran pelatihan Online Academy di program Digital Talent Scholarship dari Kementerian Komunikasi dan Informatika. (kominfo.go.id)

Jakarta (ANTARA) - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) kembali membuka pendaftaran untuk program beasiswa Digital Talent Scholarship 2020 Online Academy Batch 2.

"Melalui Program DTS 2020 Online Academy, Kominfo memberikan beasiswa pelatihan dan sertifikasi untuk peserta terpilih untuk meningkatkan keterampilan di bidang teknologi informasi dan komunikasi," kata Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan SDM Kementerian Kominfo, Basuki Yusuf Iskandar, dalam siaran pers, dikutip Rabu.

Program tersebut tetap berjalan meski pun Indonesia sedang dilanda pandemi virus corona. Online Academy dari program DTS Kominfo membuka kesempatan bagi masyarakat untuk tetap mengikuti pelatihan selama pandemi.

Baca juga: Kebocoran data pelanggan, Tokopedia dan Menkominfo digugat

Baca juga: Kasus data bocor Tokopedia, UU PDP perlu diselesaikan


Pelatihan ini digelar dalam delapan tema yaitu Associate Cloud Engineer (Google), Digital Skills (Microsoft), Android Developer (Dicoding), iOS Developer (Dicoding), Augmented Reality (Dicoding), Programming: HTML, CSS, Javascript (Progate), Digital Entrepreneurship (Google) dan Digital Entrepreneurship (Facebook).

Materi pelatihan berasal dari Kominfo dan perusahaan teknologi yang bermitra dengan kementerian. Sementara itu, peserta dapat mengikuti pelatihan secara dalam jaringan, mereka sendiri yang akan mengatur waktu belajar, namun, tetap terjadwal dengan target yang sudah ditentukan.

Program ini terbuka untuk penyandang disabilitas, serta tidak dipungut biaya.

Baca juga: Kominfo minta Tokopedia investigasi dugaan kebocoran data pengguna

Baca juga: Kominfo tunda aturan tentang penyelenggaraan jasa telekomunikasi


Pendaftaran DTS Online Academy gelombang kedua dibuka mulai 12-30 Mei 2020, sementara pelatihan akan dimulai pada minggu kedua Juni.

Pendaftaran pelatihan ini bisa diakses melalui situs https://digitalent.kominfo.go.id/.

Target peserta

Program Digital Talent Scholarship ditargetkan bisa menjangkau 60.000 peserta dari seluruh Indonesia untuk tahun ini.

"Saat ini kita mengalami yang namanya tranformasi digital. Kebutuhan tenaga kerja TIK untuk menengah dan besar sebanyak 323.662 ribu orang. Belum termasuk kategori kecil yang jumlahnya puluhan ribu," kata Basuki.

Selain Online Academy, beasiswa DTS juga memiliki pelatihan lain yaitu Fresh Graduate Academy, Vocational School Graduate Academy, Coding Teacher Academy, Thematic Academy, Regional Development Academy dan Digital Entrepreneurship.

Baca juga: Kominfo sesuaikan jadwal program beasiswa digital dan startup

Baca juga: Kumpulan beasiswa dan pelatihan Kominfo

Baca juga: Kasus data bocor Tokopedia, UU PDP perlu diselesaikan
Pewarta : Natisha Andarningtyas
Editor: Alviansyah Pasaribu
COPYRIGHT © ANTARA 2020