Biasanya, sebelum melakukan pencurian, para pelaku akan mengecek lokasi pada pagi dan malam hari
Pekalongan (ANTARA) - Aparat Kepolisian Resor (Polres) Pekalongan, Jawa Tengah melalui operasi rutin yang digelar selama dua hari terakhir ini, membekuk tiga tersangka dari empat tersangka kasus pencurian sapi, sekaligus mengamankan dua ekor sapi dan kendaraan.

Kepala Polres Pekalongan AKBP Aris Tri Yunarko, di Pekalongan, Jumat, mengatakan bahwa tiga pelaku tersebut telah melakukan pencurian di Kecamatan Petungkriono, Talun, Lebakbarang, dan Paninggaran.

"Tiga tersangka tersebut, kami bekuk dalam operasi pencegatan bersama Satlantas Polres Semarang di pintu keluar Tol Tingkir, Salatiga pada Kamis (14/5) pagi serta mengamankan barang bukti kejahatan, yaitu sapi. Terakhir, tersangka mencuri sapi di wilayah Paninggaran," katanya.
Baca juga: Sepanjang 2019, satu kasus pencurian sapi di Tabanan diungkap


Menurut dia, dari hasil pemeriksaan sementara, tersangka mengaku melakukan pencurian hewan di lima wilayah, yaitu dua kasus di Kecamatan Lebakbarang, Petungkriono (satu), Talun (1), dan Peninggaran (1).

"Saat ini, kami masih memburu satu tersangka lainnya yang kini masih buron. Satu orang pelaku daftar pencarian orang (DPO) oleh polisi, semoga secepatnya dapat ditangkap. Tiga tersangka itu adalah W (50), U (31), dan S (35), semuanya warga Kabupaten Wonosobo ," katanya lagi.

Ia mengatakan modus kejahatan yang dilakukan oleh para pencuri ini, biasanya sebelum menjalankan pencurian akan mengamati atau mengecek lokasi sasaran terlebih dulu pada kandang sapi yang tidak ada pengamanan, serta jalan keluar maupun masuk yang tidak diketahui oleh warga dan polisi.

"Biasanya, sebelum melakukan pencurian, para pelaku akan mengecek lokasi pada pagi dan malam hari," kata Kapolres Aris Tri Yunarko.

Dia mengatakan tiga tersangka yang dibekuk oleh polisi ini, semuanya adalah warga Kabupaten Wonosobo.

"Tiga tersangka akan kami jerat pasal 363 KUHP tentang Pencurian dengan Pemberatan," katanya pula.
Baca juga: Polisi Kediri amankan pencuri sapi


Bupati Pekalongan Asip Kholbihi mengatakan dirinya mengapresiasi polres yang bertindak tegas telah melakukan penangkapan tiga tersangka pencurian hewan, karena selama ini banyak kepala desa yang mengeluhkan maraknya kasus itu.

"Saya mewakili masyarakat desa mengapresiasi dan penghargaan pada polres yang begitu cepat menuntaskan kasus gangguan kamtibmas di tengah pandemi COVID-19," katanya lagi.

Pewarta: Kutnadi
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2020