Jakarta (ANTARA) - Perusahaan teknologi manajemen event, LOKET, menghadirkan solusi untuk mengoptimalkan industri event dan hiburan di tengah pandemi dengan meluncurkan fitur "Event Online," yang memungkinkan para event creator untuk tetap produktif dan terus berkarya.

Head of LOKET, Tubagus Utama, mengungkapkan bahwa situasi pandemi secara langsung memberikan imbas yang cukup besar bagi industri event dan hiburan, termasuk juga para pekerja event yang terlibat di dalam ekosistem ini.

"LOKET Live hadir untuk menjawab kebutuhan para Event Creator, performer, bahkan kru-kru maupun teknisi event terdampak lainnya agar tetap memiliki pendapatan dan mendorong industri ini dapat terus bergerak," ujar Bagus dalam keterangan tertulisnya.

Baca juga: Tompi ajak musisi muda angkat budaya Indonesia lewat lagu

Baca juga: Eva Celia, Ardhito Pramono hibur fans lewat "Konser Nyanyi di Rumah"


"Secara konsep, kami membawa eksklusivitas ke event virtual dengan menerapkan sistem penjualan sebagaimana dalam event offline, dengan satu link url untuk satu transaksi tiket; yang hanya bisa digunakan oleh satu perangkat konsumen," dia melanjutkan.

LOKET menghadirkan LOKET Live, layanan dalam satu platform yang mengintegrasikan sistem manajemen tiket dan streaming video dengan dukungan teknologi GoPlay.

Lewat teknologi ini, LOKET memberikan wadah bagi para event creator agar tetap dapat berkarya secara maksimal dengan menyelenggarakan event virtual secara profesional.

LOKET Live juga sekaligus melengkapi layanan lengkap (end-to-end service) LOKET bagi para event creator, mulai dari pembuatan konsep dan persiapan event, pembuatan halaman event virtual, pengkategorian dan pendistribusian tiket, tampilan dan penyelenggaraan halaman streaming video dari event yang akan dilangsungkan, hingga analisis laporan setelah event selesai.

Melalui integrasi teknologi ini, Bagus optimis LOKET Live bisa menjadi wadah yang mendukung para Event Creator untuk terus berkarya dan mengoptimalkan event, sekaligus tetap mendapatkan monetisasi yang tepat.

Tidak hanya itu, LOKET Live juga dihadirkan sebagai one-stop solution platform bagi konsumen dalam menikmati pengalaman event secara virtual.

Baca juga: Kemenparekraf fasilitasi pelatihan daring 104 pekerja industri event

Baca juga: Dwiki Dharmawan gelar konser virtual bantu diaspora terdampak COVID-19


Konsumen kini dapat menjelajah berbagai event, memilih, dan membeli tiket, melakukan pembayaran, hingga menikmati layanan streaming dalam satu platform di Loket.com.

"Dari sisi konsumen, LOKET Live kami tujukan untuk mengobati kerinduan pecinta event dengan memberikan pengalaman event online yang didesain secara unik dan eksklusif," kata Bagus.

Sebelum diluncurkan secara resmi, sejumlah musisi ternama tanah air telah terlebih dahulu berkesempatan menjajal LOKET Live sebagai panggung virtual mereka, antara lain konser Erwin Gutawa Orchestra dan Tulus, rangkaian Mostly Jazz Live Online bersama Indra Lesmana dan Dewa Budjana, Konser 7 Ruang bersama Titi Dj maupun Tompi, serta lebih dari 20 konser lainnya dalam kurun waktu satu bulan terakhir.

Sederet konser online tersebut pun berhasil meraih animo masyarakat dengan penjualan mencapai lebih dari 5.000 tiket.

VP Commercial LOKET Ario Adimas menambahkan bahwa ke depannya layanan LOKET Live juga bisa digunakan oleh para Event Creator dengan berbagai skala event dan tidak terbatas pada jenis event konser musik.

"Seperti halnya layanan self-service yang kami terapkan dalam pembuatan event di Loket.com, kami akan membuka layanan ini seluas-luasnya kepada seluruh Event Creator," ujar Dimas.

"Dengan layanan komprehensif LOKET, kami juga optimis bahwa event online akan menjadi ‘new normal’ yang terus diminati bahkan setelah pandemi ini berakhir. Hal ini terbukti dari lonjakan jumlah pembuatan event online di Loket.com hingga 2.000 event dalam kurun waktu sebulan terakhir," dia menambahkan.

Baca juga: Tompi tampil di "Konser 7 Ruang" untuk bantu pekerja seni

Baca juga: Tayang 4 jam, konser virtual 88rising galang donasi hingga Rp330 juta

Baca juga: Tantangan "konser online" bagi Dewa Budjana dan Indra Lesmana

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2020