Polisi kawal penyaluran BLT dana desa di Rejang Lebong

Polisi kawal penyaluran BLT dana desa di Rejang Lebong

Perangkat Desa Air Merah, Kecamatan Curup Tengah menyalurkan BLT yang bersumber dari dana desa dengan dikawal petugas TNI/Polri. (Foto dok.Humas Polres Rejang Lebong)

Rejang Lebong (ANTARA) - Petugas Kepolisian Resor Rejang Lebong, Polda Bengkulu, melakukan pengawalan penyaluran bantuan langsung tunai (BLT) yang bersumber dari dana desa (DD) di wilayah itu.

Kapolres Rejang Lebong AKBP Dheny Budhiono melalui Kasubag Humas Iptu Jumipan Azhari dalam keterangan tertulisnya, Kamis, menyebutkan penyaluran BLT yang bersumber dari dana desa di Kabupaten Rejang Lebong tersebut mulai dibagikan pada hari ini setelah masing-masing desa mencairkannya dari bank yang ditunjuk.

Baca juga: Polres Rejang Lebong salurkan bantuan paket sembako

"Penyaluran BLT yang bersumber dari dana desa di Kabupaten Rejang Lebong mulai hari ini, dalam penyaluran petugas Bhabinkamtibmas bersama dengan anggota TNI melakukan pengawalan agar penyaluran tidak mengalami hal-hal yang tidak diinginkan," kata dia.

Ia mengatakan, penyaluran BLT dana desa di Kabupaten Rejang Lebong ini rencananya akan dibagikan oleh 122 desa tersebar dalam 14 kecamatan, di mana besaran BLT yang diberikan kepada setiap kepala keluarga yang dinilai layak menerimanya sebesar Rp600.000.

Baca juga: Polres Rejang Lebong tingkatkan pengawasan di perbatasan

Pada penyaluran BLT ini petugas kepolisian dan anggota TNI selain melakukan pengawalan serta monitoring juga menyosialisasikan pencegahan penyebaran virus corona baru atau COVID-19 kepada masyarakat masing-masing desa seperti menggunakan masker, menjaga jarak, cuci tangan pakai sabun, tidak berkerumun, dan tidak mudik.

Selain itu petugas juga meminta masyarakat masing-masing desa untuk meningkatkan pengamanan lingkungan dengan jalan membentuk siskamling guna mencegah tindak kejahatan terutama pencurian ternak mendekati lebaran.

Baca juga: Polres Bengkulu sosialisasikan pencegahan COVID-19 di gereja

Pantauan di Desa Air Merah, Kecamatan Curup Tengah, kata dia,  BLT dana desa diterima oleh 108 kepala keluarga (KK).

"Penyaluran BLT dana desa ini dilakukan kepala desa berserta perangkat dengan dikawal petugas Bhabinkamtibmas dan anggota Babinsa yang mendatangi rumah penerima satu per satu," katanya.
Pewarta : Nur Muhamad
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2020