Relawan Indonesia Bersatu gelar "rapid test" gratis di Bundaran HI

Relawan Indonesia Bersatu gelar

Laboratorium Portabel milik Relawan Indonesia Bersatu Lawan COVID-19 yang terparkir untuk kegiatan pemeriksaan massal "rapid test" di Bundaran HI, Selasa (26/5/2020) (ANTARA/HO/Relawan Indonesia Bersatu Lawan COVID-19)

Jakarta (ANTARA) - Relawan Indonesia Bersatu lawan COVID-19 menggelar tes cepat (rapid test) massal gratis di kawasan Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta Pusat untuk menekan penyebaran COVID-19 di Ibu Kota.

"Sasaran pesertanya untuk umum, yang lewat, pengguna MRT dan busway, pedagang asongan, semua jadi target," ujar Angelina, dokter yang bertanggung jawab dalam acara itu di Jakarta, Selasa.

Kelompok relawan besutan Sandiaga Uno itu menyediakan sebanyak 500 alat rapid test serta tes swab portabel (mobile swab test) untuk pemeriksaan gratis di pusat Ibu Kota itu.
 
Salah satu peserta tes cepat COVID-19 massal di Bundaran HI, Selasa (ANTARA/HO-Relawan Indonesia Bersatu Lawan COVID-19)

"Kita tidak ada batas waktu, kita habiskan 'rapid test' kita yang sudah kita siapkan hari ini, masyarakat, petugas kebersihan, dan Anggota TNI, Polri, bisa ikut serta dengan membawa KTP," kata Angelina.

Angelina mengatakan tidak butuh waktu lama untuk mengetahui hasilnya, hanya diperlukan sepuluh menit agar dapat mengetahui objek yang menjalani pemeriksaan memiliki hasil reaktif atau tidak.

"Apabila menunjukkan hasil reaktif akan kami tes swab langsung dengan lab portabel yang kami bawa," kata Angelina.
 
Peserta rapid test mencuci tangan di wastafel yang disediakan Relawan Indonesia Bersatu Lawan COVID-19 di Bundaran HI, Selasa (26/5/2020). (ANTARA/Ho-Relawan Indonesia Bersatu Lawan Covid-19)

Acara pemeriksaan itu dimulai pada pukul 10.00 WIB pagi tadi dan dinyatakan ditutup setelah seluruh alat telah terpakai untuk pengetesan.

Sebelumnya, pemeriksaan serupa juga pernah dilakukan oleh Relawan Indonesia Bersatu Lawan COVID-19 di beberapa daerah lainnya seperti di Wisma Atlet Kemayoran serta Kecamatan Johar Baru.

Baca juga: Sebanyak 130.912 sampel di DKI diperiksa dengan PCR
Baca juga: Hoaks, MUI sebut tes cepat atas perintah China
Pewarta : Livia Kristianti
Editor: Edy Sujatmiko
COPYRIGHT © ANTARA 2020