Jakarta (ANTARA) - Koordinator Nasional Nusantara Mengaji Dr. Jazilul Fawaid, SQ, MA mengatakan Nusantara Mengaji di bulan Ramadhan ini berhasil melahirkan generasi milenial pecinta dan seniman pelantun Alquran yang berkualitas.

Melalui pernyataan tertulisnya, di Jakarta, Selasa, Jazilul yang juga Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI itu menyampaikan bahwa kegiatan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Virtual 2020 yang digelar oleh Nusantara Mengaji resmi berakhir pada Sabtu (23/5) lalu.

Setelah melalui seleksi selama 29 hari, kata dia, dari total 537 santri dan santriwati yang ikut berpartisipasi, terpilih sebanyak 12 qari dan qariah terbaik dari seluruh Tanah Air.

Untuk kategori putra, Juara 1 diraih Muhammad Rizqon dari Kalimantan Selatan, disusul Muhammad Affandi (Sulawesi Selatan), dan Muhtarom (Jawa Tengah) di posisi III, kemudian Harapan 1 diraih Ahmad Azroi Hasibuan (Sumatera Utara), Usman Syukur Bainsyah (Nusa Tenggara Timur), serta Harapan 3, Wildan Alwi dari Jawa Barat.

Untuk kategori putri, Juara 1 diraih Yanti Susanti (DKI Jakarta), berikutnya Alviatur Rohmaniah (Sumatera Selatan), dan posisi III Siti Muzayyanah (Banten), sedangkan Harapan 1 diraih Syarah Yunita (Papua Barat), berikutnya Laily Rizqi Amalia (Jawa Timur), dan Harapan 3 Ama Faridatul Husna Jamil juga dari Jawa Timur.

Dikatakan Jazilul, pihaknya akan terus menggelar kegiatan serupa untuk melahirkan generasi-generasi pecinta dan seniman pelantun Alquran yang berkualitas.

"Semoga ke depannya ketika pandemi ini sudah berakhir, kami dapat menyelenggarakannya secara meriah. Seleksi melalui virtual, sedangkan final dipusatkan di Jakarta," katanya.

Jazilul juga berharap dengan semakin luasnya generasi milenial yang mengenal seni membaca Alquran maka kecintaan mereka terhadap Alquran akan semakin terpupuk.

"Cinta dan dekatnya seseorang kepada Alquran akan menghaluskan hati dan pemikiran sehingga negara dan bangsa ini dibangun oleh generasi yang moderat, cinta NKRI, dan antiradikal," ujar Jazilul yang juga Wakil Ketua Umum DPP PKB.

Sementara itu, Inisiator Nusantara Mengaji Muhaimin Iskandar yang menutup MTQ Virtual tersebut mengucapkan syukur atas terselenggaranya acara dengan baik.

"Di tengah kondisi wabah COVID-19, kita diwajibkan tetap berkegiatan di rumah. Nusantara Mengaji dapat memeriahkan Ramadhan dengan menggaungkan lantunan-lantunan indah ayat Alquran melalui media Youtube Nusantara Mengaji TV," urainya.

Muhaimin yang juga merupakan Ketua Umum DPP PKB tersebut mengucapkan selamat bagi para juara dan finalis, dan terima kasih kepada para qari dan qariah yang telah ikut berpartisipasi dalam kegiatan syiar Ramadhan yang diselenggarakan Nusantara Mengaji.

"Kami bangga dengan atensi dan semangat yang begitu besar dari para qari-qariah generasi milenial di penjuru Nusantara dalam mencintai seni bacaan Alquran melalui kompetisi tilawah ini," kata politikus yang akrab disapa Gus Ami itu.

Baca juga: Wakil Ketua MPR harap wabah COVID-19 tak ganggu Pilkada 2020

Baca juga: Jazilul Fawaid optimis Fadil Imran mampu atasi permasalahan di Jatim

Baca juga: Syiar Ramadhan di tengah pandemi, Nusantara Mengaji gelar MTQ virtual

Pewarta: Zuhdiar Laeis
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2020