London (ANTARA News) - Tari Lenggang Nyai dari Betawi dibawakan dengan lincah oleh mahasiswa Universitas Negeri Jakarta (UNJ), tampil mempesona para penonton pada pembukaan The 6th Jarmark International Folklore Festival yang digelar di Praha, kemarin.

Kelincahan penari yang diiringin dengan irama musik meriah menghipnotis ratusan penonton yang hadir dalam acara pembukaan festival, ujar Sekretaris I Pensosbudpar KBRI Praha, Azis Nurwahyudi kepada koresponden Antara London, Rabu.

Dikatakannya selain tari Lenggang Nyai, tim kesenian UNJ yang terdiri dari 18 penari dan pemain musik juga menampilkan tari Giring-Giring dari Kalimantan dan Reog Dok-Dok dari Jawa Barat.

Tari Giring-Giring ditampilkan dengan unik dimana seorang penari menari di atas gong sementara sebagian lain dengan suprais muncul dari arah penonton.

Sementara Reog Dok-Dok tampil komunikatif selain berbahasa Indonesia, para pemain menggunakan Bahasa Ceko yang mengajak penonton turut terlibat dalam penampilan mereka.

Pada pementasan hari kedua Rabu, mahasiswa UNJ menampilkan tari Yosim Pancar dari Papua, Ketuk Tilu dari Jawa Barat dan Piring Cupak dari Sumatra Barat.

Sebelumnya dengan mengenakan busana tari warna warni para penari mengikuti karnaval mengelilingi Old Town Square, Praha.

Azis Nurwahyudi mengatakan tahun ini Indonesia mendapat kehormatan menjadi negara pertama yang tampil pada acara pembukaan festival tahunan tersebut.

Selain Indonesia tampil dalam acara pembukaan antara lain penari dari China, Georgia, Serbia, Turki, Slovenia, Republik Dominika, Israel, Cyprus, Rusia, dan negara tuan rumah.

Tim kesenian UNJ sebelumnya berpartisipasi dalam Pisek International Folklore Festival di kota Pisek sekitar 200 kilo dari Praha. Selain itu mereka juga akan mengelar pertunjukan di Bratislava, Slovakia.(*)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2009