PMI Kota Sukabumi kerahkan personel bantu tangani tanah longsor

PMI Kota Sukabumi kerahkan personel bantu tangani tanah longsor

Personel PMI Kota Sukabumi diterjunkan untuk membantu BPBD setempat dalam upaya penanggulangan bencana tanah longsor yang terjadi di dua kelurahan di Kecamatan Gunungpuyuh, Kota Sukabumi, Jabar. (Antara/Aditya Rohman)

Sukabumi, Jabar (ANTARA) - Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Sukabumi mengerahkan personel dan ambulans untuk membantu penanganan bencana tanah longsor di Kecamatan Gunungpuyuh, Kota Sukabumi, Jawa Barat.

"Sejumlah personel sudah berada di lokasi untuk membantu warga yang terdampak, sekaligus membersihkan material longsor yang menggenangi jalan dan merusak rumah warga," kata Kepala markas PMI kota Sukabumi Zaini melalui Staf Posko PMI Kota Sukabumi Dinar Muhammad di Sukabumi, Minggu.

Baca juga: Tiga hektare lahan pertanian di Sukabumi gagal panen akibat longsor

Baca juga: Jalan penghubung antarkampung di Sukabumi putus oleh pergerakan tanah


Informasi yang dihimpun, bencana tanah longsor pada Minggu, (31/5) terjadi di dua kelurahan berbeda di Kecamatan Gunungpuyuh, yakni Kelurahan Karamat yang mengakibatkan dinding pagar SDN Kopeng 1 sepanjang empat meter dengan tinggi dua meter ambruk.

Tidak jauh dari lokasi pertama, talud penahan tanah longsor dan menimpa rumah warga di Jalan Merbabu RT 05/04 belakang Puskesmas Tanjungsari, Kelurahan Karangtengah, meskipun tidak ada korban jiwa pada bencana ini, namun sejumlah ruangan rumah milik Wiradibrata rusak.

Curah hujan yang masih tinggi, petugas pun mengevakuasi korban ke tempat yang lebih aman, apalagi rumah yang dihuni enam jiwa tersebut terdapat lansia. Selain itu, hingga kini tim dari PMI dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Sukabumi masih berada di lokasi untuk melakukan assessment serta membantu warga yang terdampak.

"PMI segera menyiapkan bantuan kedaruratan berupa logistik dan perlengkapan lainnya untuk memberikan dukungan dan meringankan warga yang menjadi korban tanah longsor," tambahnya.

Baca juga: PT PPI bantu korban tanah longsor di Sukabumi

Baca juga: Pemerintah belum tentukan lokasi relokasi korban longsor Sukabumi


Sementara itu, Kepala Seksi Kesiapsiagaan dan Kedaruratan BPBD Kota Sukabumi Zulkarnaen mengatakan sejumlah personel BPDB sudah berada di lokasi untuk membantu korban dan melakukan pendataan.

"Akibat longsor itu ada beberapa rumah yang terancam dan kondisinya sudah bergeser, antisipasi hal yang tidak diinginkan penghuni rumah tersebut diungsikan sementara ke rumah kerabatnya," katanya.

Untuk kerugian masih dilakukan pendataan dan dihitung. Ia mengimbau warga yang tinggal di sekitar lokasi longsor untuk waspada dan antisipasi terjadi bencana susulan, karena hingga pukul 22.00 WIB hujan masih turun walaupun intensitasnya berkurang.
Pewarta : Aditia Aulia Rohman
Editor: Endang Sukarelawati
COPYRIGHT © ANTARA 2020