Wali Kota Surakarta: Pejabat baru gerak cepat tangani dampak COVID-19

Wali Kota Surakarta: Pejabat baru gerak cepat tangani dampak COVID-19

Pelantikan pejabat baru di lingkungan Pemerintah Kota Surakarta. (ANTARA/Aris Wasita)

Solo (ANTARA) -
Wali Kota Surakarta FX Hadi Rudyatmo mengajak para pejabat baru bergerak cepat menangani permasalahan akibat pandemi COVID-19.

"Tugas sudah ada di depan bapak ibu sekalian, terutama Dinas Kebudayaan, Dinas Pertanian, Dinas Koperasi, dan Kepala Satpol PP. Ini merupakan tugas yang semuanya ada kaitannya dengan pandemi COVID-19," katanya saat melantik sejumlah pejabat baru di lingkungan Pemerintah Kota Surakarta di Balai Tawang Arum, Kompleks Balai Kota Surakarta, Jawa Tengah, Kamis.

Baca juga: Pemkot Surakarta gratiskan uang sewa rumah susun

Ia mengatakan Dinas Kebudayaan, misalnya, harus memikirkan nasib para seniman dan budayawan yang hingga hari ini belum bisa beraktivitas secara normal karena adanya pembatasan jarak akibat pandemi COVID-19.

Terkait hal itu, ia meminta agar seni dan budaya dapat bergerak kembali melalui kerja sama dengan Dinas Pariwisata.

Selain itu, Dinas Pertanian juga diharapkan bisa menyusun program mengenai ketahanan pangan, salah satunya mengajak masyarakat untuk aktif bercocok tanam meskipun tidak memiliki lahan yang luas.

Baca juga: Pemkot Surakarta gandeng swasta selamatkan pedagang tradisional

Sedangkan untuk Satpol PP, diharapkan pejabat baru bisa berkoordinasi dengan baik dengan seluruh dinas terkait penanganan COVID-19.

"Jadi mohon HP-nya untuk dihidupkan selama 24 jam. Setiap kali saya telepon mohon untuk bisa melakukan koordinasi karena menangani pandemi COVID-19 ini ternyata tidak bisa sendiri. Semua dinas harus bergotong royong," katanya.

Beberapa pejabat baru yang dilantik di antaranya Heri Purwoko sebagai Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah, Aryo Widyandoko sebagai Kepala Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan, dan Perikanan, Agus Santosa sebagai Kepala Dinas Kebudayaan, dan Arif Darmawan sebagai Kepala Satpol PP.

Baca juga: Dinkes Surakarta gelar "rapid test" di pusat keramaian

Hadi Rudyatmo meminta seluruh pejabat baru segera beradaptasi dan menjalankan tanggung jawab yang dibebankan dengan prinsip "lurik", yaitu lurus dalam pengabdian dan ikhlas dalam pelayanan.
Pewarta : Aris Wasita
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2020