Jakarta (ANTARA News) - Fujitsu menyatakan telah menjadi pemasok rack dan tower server pertama yang bersertifikasi ENERGY STAR 1.0, sertifikasi yang dikenal dengan persyaratan sangat ketat untuk jenis hardware itu.

Pada tahap pertama, empat konfigurasi PRIMERGY server akan tersertifikasi ENERGY STAR 1.0, yang merupakan hasil inovasi Fujitsu dalam mengurangi jejak (carbon footprint) dan membantu pengguna mengurangi konsumsi dan biaya listrik.

Dalam waktu dekat akan segera diperoleh konfirmasi atas beberapa sistem (server) lain yang sedang dalam proses sertifikasi, Fujitsu dalam siaran pers yang diterima ANTARA News, Jumat.

ENERGY STAR merupakan labelisasi terkemuka yang membantu pelanggan dengan mudah mengidentifikasikan sistem yang hemat energi. Dengan memperluas programnya untuk mencakup x86 servers, ENERGY STAR telah menetapkan persyaratan manajemen listrik yang ketat.

“Dengan menerapkan server yang lebih hemat energy, organisasi dapat mengurangi total konsumsi listrik suatu datacenter.” ujar Jens-Peter Seick, Senior Vice President x86 Server Product Unit di Fujitsu Technology Solutions.

“Kami berkomitmen mendukung pelanggan kami untuk mengurangi konsumsi listrik, yang menghasilkan keuntungan dari penghematan biaya yang signifikan. Pencapaian sertifikasi ENERGY STAR 1.0 untuk PRIMERGY rack dan tower servers kami membuktikan komitmen ini. Secara rata-rata, server yang memperoleh label ENERGY STAR label adalah 30 persen lebih hemat energy dibandingkan dengan standard server.”

Keempat model PRIMERGY yang pertama kali mencapai sertifikasi ENERGY STAR 1.0 ini adalah konfigurasi TX200 S5 dan TX300 S5 tower server, yang dikhususkan bagi pelanggan UKM, plus RX200 S5 dan RX300 S5 rack server.

Kualifikasi PRIMERGY server meliputi teknologi Cool-safe™ yang memberikan system pendinginan dan sirkulasi udara yang telah disempurnakan, unit catu daya yang hemat energy, dan fungsi manajemen kelistrikan server yang pandai untuk mengukur, mengendalikan dan membatasi konsumsi energi.

Spesifikasi ENERGY STAR saat ini hanya mencakup x86 server sampai dengan 4 socket. Keempat konfigurasi tersertifikasi ini segera tersedia untuk pemesanan.

Sejak tahun 1994, Fujitsu telah secara aktif berpartisipasi dalam program ENERGY STAR dan menawarkan berbagai produk PC, server skala kecil, notebook, thin client, workstation dan display yang memenuhi persyaratan U.S. Environmental Protection Agency (EPA) untuk kualifikasi ENERGY STAR.

Dengan sertifikasi ENERGY STAR 1.0 terakhir ini, Fujitsu saat ini memperluas kerja sama dengan ENERGY STAR untuk mencakup x86 server yang hemat energi.
(*)

Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2009