Kelurahan Ancol imbau warga antisipasi banjir rob

Kelurahan Ancol imbau warga antisipasi banjir rob

Warga antisipasi kedatangan banjir rob di permukiman RW 08 Kelurahan Ancol, Pademangan, Jakarta Utara, Jumat (5/6/2020) malam. (ANTARA/Fauzi Lamboka)

Jakarta (ANTARA) - Kelurahan Ancol, Kecamatan Pademangan, Jakarta Utara mengimbau warga untuk mengantisipasi kenaikan air laut atau banjir rob ke permukiman penduduk.

Pantauan Antara, Jumat malam sekitar pukul 21.00 WIB, menunjukkan, air laut mulai naik di Pelabuhan Sunda Kelapa di berbatasan dengan RW 08 Kelurahan Ancol.

Lurah Ancol Rusmin bersama petugas kelurahan mendatangi satu persatu rumah warga untuk memberikan sinyal bahwa malam ini banjir rob akan kembali datang.

Selain itu, aliran listrik di pemukiman warga juga telah dimatikan untuk menghindari korsleting listrik.

Baca juga: Waspadai gelombang tinggi dan banjir rob di perairan utara Jawa

Warga juga diimbau untuk menyelamatkan diri masing-masing dan juga barang-barang milik mereka.

"Pak, Bu tolong barang-barang ya. Ini rob udah mau datang. Jangan lupa waspada listrik sama barang-barangnya diselamatkan," kata salah seorang petugas kepada warga.

Lurah Ancol Rusmin mengatakan, Jumat malam merupakan kedua kalinya rob melanda permukiman warga.

Untuk mengantisipasi itu, warga siap siaga, pihak kelurahan pun menyambangi warga untuk memberikan imbauan.

Baca juga: BMKG prakirakan sampai Sabtu pantura Cirebon terdampak banjir rob

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperingatkan masyarakat terutama yang bermata pencaharian dan beraktivitas di pesisir atau pelabuhan diharapkan meningkatkan kewaspadaan dan upaya mitigasi terhadap potensi bencana rob.

Potensi terjadi untuk daerah-daerah pantai elevasi rendah seperti pesisir utara Jakarta, Pekalongan, Cirebon, dan Semarang.
Pewarta : Fauzi
Editor: Edy Sujatmiko
COPYRIGHT © ANTARA 2020