Ada penambahan dua orang tenaga kesehatan terkonfirmasi positif COVID-19 di Kabupaten Hulu Sungai Tengah dari hasil tes "swab"
Barabai, Kalsel (ANTARA) - Tim Gugus Tugas Percepatan Penangananan COVID-19 Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST), Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) menginformasikan adanya penambahan kasus baru yang terkonfirmasi positif terjangkit COVID-19, yakni tenaga kesehatan (nakes).

"Ada penambahan dua orang tenaga kesehatan terkonfirmasi positif COVID-19 di Kabupaten Hulu Sungai Tengah dari hasil tes 'swab'," kata juru bicara Tim Gugus Tugas Percepatan Penangananan COVID-19 Kabupaten Hulu Sungai Tengah dr Muhammad Asnal di Barabai, Ibu Kota Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Ahad

Menurut Muhammad Asnal yang Direktur RSHD Barabai kedua tenaga kesehatan yang positif COVID-19 itu berjenis kelamin perempuan yang masing-masing berusia 45 tahun dan 25 tahun.

Dua orang penambahan positif COVID-19 tersebut berasal dari Kecamatan Haruyan dan Kecamatan Pandawan.

Jadi, kata dia, dengan dua tambahan itu maka total terkonfirmasi positif di Kabupaten HST menjadi delapan orang dan sembuh sebanyak tiga orang.

Penyebaran kasus positif di Kabupaten HST di antaranya dari Kecamatan Barabai tiga orang, Batang Alai Timur tiga orang, Haruyan satu orang dan Pandawan satu orang.

Selanjutnya, untuk jumlah orang dalam pemantauan (ODP) sebanyak 16 orang, selesai pemantauan 253 orang, pasien dalam pengawasan (PDP) empat orang dan dalam perawatan lima orang.

Masyarakat terus diingatkan pentingnya untuk tetap mengikuti protokol kesehatan dengan tetap berada di rumah saja jika tidak punya kepentingan mendesak.

Selain itu, memakai masker bila ke luar rumah, selalu jaga jarak dengan orang lain dan cuci tangan pakai sabun menggunakan air yang mengalir atau memakai dan membawa penyanitasi tangan (hand sanitizer), demikian Muhammad Asnal.

Baca juga: Antisipasi COVID-19, DPRD Hulu Sungai Tengah tunda sidang paripurna

Baca juga: Tambah 71 kasus, positif COVID-19 di Kalsel naik menjadi 1.213 orang

Baca juga: Presiden beri perhatian khusus kasus COVID-19 di Jatim, Sulsel, Kalsel

Baca juga: Satu hari kasus COVID-19 Kalsel bertambah 116 menjadi 819

Pewarta: Gunawan Wibisono/M Taupik Rahman
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2020