UMSB dapat hibah Rp1,5 miliar bangun Fakultas Pertanian di Payakumbuh

UMSB dapat hibah Rp1,5 miliar bangun Fakultas Pertanian di Payakumbuh

Wali Kota Payakumbuh Riza Falepi saat peletakan batu pertama pembangunan Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat (UMSB) melalui dana hibah Pemkot Payakumbuh di Payakumbuh, Senin (8/6/2020). (ANTARA/Akmal Saputra/aa.

Payakumbuh, Sumbar (ANTARA) - Pemerintah Kota Payakumbuh, Provinsi Sumatera Barat  menyerahkan dana hibah sebesar Rp1,5 miliar kepada Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat (UMSB) guna membangun Fakultas Pertanian di daerah itu.

Wali Kota Payakumbuh Riza Falepi di Payakumbuh, Senin mengatakan dana hibah tersebut merupakan bentuk kepedulian pemkot dalam mendukung dunia pendidikan.

"Hadirnya pihak swasta untuk dunia pendidikan telah meringankan tugas negara. Makanya Pemkot Payakumuh harus ikut membantu," katanya.

Ia mengatakan bantuan yang diserahkan Pemkot Payakumbuh ini merupakan investasi jangka panjang bagi dunia pendidikan.

"Karena hanya dengan pendidikan dapat membuat bangsa, khususnya Payakumbuh menjadi lebih baik. Meski masih di masa pandemi, harus bangkit," katanya.

Terlebih, kata dia dengan adanya universitas di Payakumbuh akan membuat pihaknya lebih mudah dalam menyalurkan beasiswa untuk masyarakat.

"Kalau mereka kuliah di sini, kita dapat membantu uang kuliahnya. Sehingga dengan anggaran yang ada, lebih banyak yang bisa dijangkau karena istilahnya itu kan untuk makan mereka bisa di rumah," katanya.

Tidak hanya itu, menurut Riza Falepi, dengan berkembangnya universitas-universitas di Payakumbuh dapat membuat kerja sama antara pemkot dengan universitas berjalan lebih baik.

"Contohnya itu riset, jadi kami dari pemkot bisa bekerja sama terkait ini, karena riset ini juga penting untuk Kota Payakumbuh," katanya.

Pada kesempatan itu Rektor UMSB Dr Riki Saputra, MA mengatakan pihaknya memang ingin mengembangkan UMSB di kampus IV Payakumbuh.

"Kami berencana menambah dua fakultas lagi di Kota Payakumbuh sini, yakni Program Pascasarjana Pertanian dan Fakultas Kedokteran. Ini target kami dalam tujuh tahun ke depan," katanya.

Yang terdekat, kata dia, pihaknya akan membangun rumah sakit sebagai syarat untuk mendirikan Fakultas Kedokteran.

"Kampus pertanian yang dari hibah ini akan selesai nanti di September 2020. Nanti di 2021 akan didirikan rumah sakit dan baru dilanjutkan dengan Fakultas Kedokteran," demikian Riki Saputra.

Baca juga: Inovasi pendidikan mesti dilakukan seluruh Universitas Muhammadiyah

Baca juga: Anak penjual jamu disumpah jadi dokter di UMP

Baca juga: Payakumbuh berupaya jadi distributor rendang bekal jamaah haji

Baca juga: Panglima TNI dan Kapolri orasi kebangsaan di UMSB
Pewarta : Miko Elfisha
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2020