Polres Batang bentuk 25 Kampung Siaga COVID-19

Polres Batang bentuk 25 Kampung Siaga COVID-19

Kepala Kepolisian Resor Batang AKBP Abdul Waras bersama Bupati Batang Wihaji dan Wakil Bupati Suyono memperlihatkan alat pelindung diri (APD) untuk mendukung program "Kampung Siaga COVID-19 Polda Jateng". (ANTARA/Kutnadi)

Batang (ANTARA) - Kepolisian Resor Batang, Jawa Tengah, membentuk 25 "Kampung Siaga COVID-19 Polda Jateng" sebagai upaya meminimalkan penyebaran virus corona jenis baru atau COVID-19 di wilayah itu.

"Saat ini sudah terbentuk 25 'Kampung Siaga COVID-19'. Nantinya, kami menargetkan semua wilayah di Batang dapat terbentuk Kampung Siaga COVID-19," kata Kepala Polres Batang AKBP Abdul Waras di Batang, Senin.

Baca juga: Polda Jateng membentuk 284 Kampung Siaga COVID-19

Menurut dia, tujuan utama dibentuknya "Kampung Siaga COVID-19 Polda Jateng" adalah untuk menanamkan semangat dalam mencegah penyebaran virus corona mulai dari tingkat desa.

Peran aktif masyarakat desa, kata dia, merupakan kekuatan dasar untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona sehingga wilayah ini menjadi sasaran pembentukan "Kampung Siaga COVID-19".

"Saat ini melalui peran aktif Bhabinkamtibmas dari masing-masing polsek di 15 kecamatan sudah membentuk 25 Kampung Siaga COVID-19. Tentunya, kami berharap semua desa dapat terbentuk Kampung Siaga COVID-19 Polda Jateng agar penyebaran virus corona dapat diminimalkan," katanya.

Baca juga: Polres Temanggung bentuk Kampung Siaga COVID-19 di 7 kelurahan

Ia mengatakan, pada "Kampung Siaga COVID-19 Polda Jateng" ini akan disiagakan sejumlah relawan yang bertugas selama 24 jam untuk memantau akses keluar dan masuk warga desa sekaligus menyiapkan thermo gun untuk mengukur suhu tubuh.

"Kami meminta pada warga agar disiplin menerapkan protokol kesehatan terlebih menjelang memasuki tatanan normal baru. Pemkab Batang sangat merespons pembentukan 'Kampung Siaga COVID-19 Polda Jateng' sehingga hal ini didukung oleh masyarakat agar berperan aktif melakukan pencegahan virus corona," kata Abdul Waras.

Bupati Batang Wihaji mengatakan mengapresiasi pada Polres Batang atas inisiatif dibentuknya "Kampung Siaga COVID-18 Polda Jateng" di wilayah sejumlah desa karena melihat kemanfaatannya yang begitu besar.

Baca juga: Polresta Banyumas membentuk Kampung Siaga COVID-19

"Pemkab Batang akan memberikan penghargaan pada desa atau kelurahan terbaik dalam mencegah maupun menangani penyebaran virus corona. Kami akan melombakan 'Kampung Siaga COVID-19'," katanya.
 
Pewarta : Kutnadi
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2020