Jakarta (ANTARA) - Danjen Kopassus Mayjen TNI I Nyoman Cantiasa menerima kunjungan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Teror (BNPT), Komjen Pol Boy Rafli Amar untuk membahas beberapa rencana kerja sama, salah satunya adalah upaya meningkatkan sinergitas kedua lembaga dalam penanggulangan terorisme.

Kepala BNPT yang datang didampingi Deputi Bidang Pencegahan, Perlindungan dan Deradikalisasi Mayjen TNI Hendri Paruhuman Lubis, dan Kepala Biro Umum BNPT Brigjen TNI Dadang Hendrayudha, diterima di ruang tamu Danjen Kopassus, di Makopassus, Cijantung, Jakarta Timur, Senin.

Baca juga: Presiden Jokowi lantik Boy Rafli sebagai Kepala BNPT

Kepala BNPT Komjen Pol Boy Rafli Amar dalam keterangannya, mengatakan, selain penanggulangan teror, dalam kesempatan tersebut juga dibicarakan kemungkinan kerja sama peningkatan kemampuan personel.

Karena, lanjut dia, hingga saat ini prajurit Kopassus menjadi salah satu tulang punggung pelaksanaan tugas penanggulangan terorisme di BNPT.

Ia pun berharap ke depannya akan ada terus kerja sama dalam bidang pembinaan kemampuan.

"Agar negara bisa mengelola dan menghadapi potensi ancaman maupun aksi teror, maka tentu diperlukan adanya pembinaan kemampuan dalam bentuk latihan bersama," ujarnya.

Pelatihan ini bisa terkait juga dengan penanggulangan aksi teror ataupun dalam bidang kontra radikalisme dengan mengedepankan kegiatan di lapangan.

"Kita tahu bahwa masalah radikalisme kini menimbulkan keresahan, menimbulkan kecemasan di kalangan masyarakat dalam hal ini radikalisme yang mengarah pada perbuatan teror," kata Boy.

Baca juga: BNPT: Upacara 17-an akan digalakkan untuk atasi radikalisme

Sementara itu terkait dengan penanggulangan terorisme, Danjen Kopassus I Nyoman Cantiasa menyambut baik upaya-upaya yang dilakukan oleh BNPT.

Menurut Cantiasa, Kopassus siap untuk mendukung upaya tersebut dengan mengerahkan kekuatan Kopassus mengingat penanggulangan terorisme tidak dapat diupayakan sendiri-sendiri.

"Kopassus siap mendukung dan memperkuat kegiatan di BNPT dalam rangka melaksanakan tugas-tugas pencegahan dan kegiatan deradikalisasi. Harapannya kita tetap meningkatkan kerja sama kemudian meningkatkan sumber daya kita dalam rangka tukar menukar informasi, atau sharing sehingga tugas yang diberikan kepada kita bisa dengan baik kita laksanakan bersama BNPT," tambah Danjen Kopassus.

Baca juga: Boy Rafli Amar kunjungi rumah keluarga korban penyerangan Polsek Daha

Baca juga: BNPT: Penangkapan beberapa warga terkait penyerangan di Daha

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Nurul Hayat
Copyright © ANTARA 2020