Untuk berdikari di aspek pangan, kesehatan, energi, keuangan, dan pertahanan. Masyarakat Indonesia tidak boleh menyerah dan harus optimis. Kita akan bangkit
Jakarta (ANTARA) - Ketua DPP Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan Djarot Saiful Hidayat mengatakan, meski Indonesia tengah dilanda pandemi COVID-19, kader PDIP ditantang untuk berinovasi.

"Meski menghadapi pandemi, seluruh kader ditantang untuk berinovasi," ujar Djarot saat membuka webinar "Peringatan Bulan Bung Karno 2020" dengan tema Pancasila dan Keadilan Sosial, di Jakarta, Selasa.

Djarot mengatakan peringatan bulan Bung Karno semakin semarak. Di bulan Juni ini, masyarakat Indonesia turut 'meresapi' pemikiran, cita-cita, dan perjuangan Bung Karno.

Baca juga: PDIP gelar lomba kreatif untuk kenang Bung Karno

Djarot sebagai Ketua Panitia Bulan Bung Karno mengucapkan terima kasih atas partisipasi masyarakat dan kader partai yang ikut menyemarakkan berbagai lomba, satu di antaranya lomba nge-vlog tentang sejarah Bung Karno.

Di tengah masa pandemi COVID-19 ini, kader PDIP termasuk masyarakat Indonesia dituntut untuk berdikari.

Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnopuri pun, katanya, menginstruksikan kepada seluruh kader partai untuk tetap berjuang di daerah masing-masing.

"Untuk berdikari di aspek pangan, kesehatan, energi, keuangan, dan pertahanan. Masyarakat Indonesia tidak boleh menyerah dan harus optimis. Kita akan bangkit," tegas Djarot.

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini pun tak menyangka di webinar yang pertama ini, masyarakat sangat antusias mengikuti. Tidak kurang dari 500 peserta yang mengikuti.

"Webinar yang pertama kali ini, maksimal peserta 500. Di luar dugaan yang mendaftar lebih dari 500. Peserta yang belum tertampung akan diikutkan webinar kedua," ujar Djarot.

Baca juga: PDIP Surabaya gelar diskusi lintas profesi bahas gagasan Bung Karno

Dia menambahkan akan ada webinar-webinar selanjutnya dengan berbagai tema, seperti tema Rakyat Sumber Kebudayaan Nasional, Kedaulatan Pangan, dan Politik, Kesehatan, dan Berdikari.

Djarot melalui webinar yang pertama ini juga menyampaikan terima kasih kepada sejumlah narasumber, yakni Sekjen PP Muhammadiyah Abdul Mu'ti, Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi, dan Sekjen Transparency International Indonesia Yohanes Danang Widoyoko.

"Atas nama DPP rasa hormat dan terima kasih. Semoga pemikiran-pemikiran bisa kita kaji secara mendalam dan dapat diaplikasikan," kata Djarot.

Djarot mengatakan ada tiga peristiwa penting pada bulan Juni. 1 Juni sebagai hari lahir Pancasila, HUT Bung Karno ke-119, dan Haul Bung Karno yang ke-50. Penting bagi sebuah bangsa untuk tidak melupakan sejarah pendiri bangsa.

"Webinar pertama juga dalam rangka mengisi spirit itu. Kita yakin di tengah pandemi seperti ini, spirit akan membangkitkan semangat kita semua agar bangsa ini menjadi bangsa pemenang," ujar Djarot.

Baca juga: Hari lahir Bung Karno, PDIP Surabaya gelar aksi sosial
 

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Joko Susilo
Copyright © ANTARA 2020