Kita siapkan 200 kuota pengetesan, hingga siang tadi ada tiga orang hasilnya reaktif
Jakarta (ANTARA) - Kecamatan Johar Baru menggelar tes cepat COVID-19 di wilayah pemantauan khusus (WPK), RW 02 Kelurahan Kampung Rawa, Rabu siang.
 
"Kita siapkan 200 kuota pengetesan, hingga siang tadi ada tiga orang hasilnya reaktif. Mereka akan dibawa ke GOR (Gelanggang Olahraga) Johar Baru," kata Camat Johar Baru, Nur Helmi Savitri saat dihubungi, di Jakarta, Rabu.

Meski pengetesan dilakukan di wilayah RW 03, namun pemeriksaan diprioritaskan untuk warga di RW 02 atau wilayah berstatus zona merah.

"Iya jadi yang dites itu warga RT 010, 011, 012, 013, itu semua di RW 002. Kampung Tempe itu," kata Helmi.

Baca juga: LKBN Antara gelar tes cepat COVID-19 untuk karyawan Kumparan

Helmi mengatakan tiga orang yang mendapatkan hasil reaktif akan dibawa ke fasilitas karantina yang disediakan oleh Kecamatan Johar Baru di GOR Johar Baru sembari menunggu hasil tes usap.

Ia mengatakan nantinya jika didapatkan hasil positif COVID-19, maka orang-orang yang berinteraksi dengan pasien terkait harus menjalani tes usab agar membantu proses pelacakan kasus (tracing).

"Pasti akan dilacak, terutama yang dalam keluarganya ada orang tua yang masuk kelompok rentan atau komorbid," kata Helmi.

Usai pemeriksaan di WPK rampung dilakukan, Helmi mengatakan pihaknya akan mengadakan tes cepat di fasilitas-fasilitas umum seperti pasar-pasar di wilayah Johar Baru.

Baca juga: Femina apresiasi tes cepat COVID-19 LKBN ANTARA

"Habis ini semua selesai (pemeriksaan di WPK), kita berencana pemeriksaan ke pasar-pasar," kata Helmi.

Secara keseluruhan hingga Rabu (10/6), total kasus COVID-19 di Kecamatan Johar Baru ada 86 kasus dan 21 kasus ada di wilayah WPK.

Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2020