Polres Tulungagung hentikan penyelidikan rumah dibakar anak kandung

Polres Tulungagung hentikan penyelidikan rumah dibakar anak kandung

Ilustrasi kebakaran (ANTARA/HO)

Tulungagung, Jatim (ANTARA) - Aparat Kepolisian Resor (Polres) Tulungagung, Jawa Timur menghentikan penyelidikan insiden rumah warga dibakar anak kandungnya sendiri yang menderita gangguan jiwa atau ODGJ (orang dengan gangguan jiwa).

Kapolsek Rejotangan AKP Herry Purwanto, Sabtu, menjelaskan pelaku yang diidentifikasi berinisial AP (41) sempat dimintai keterangan petugas, namun kemudian dilepas setelah korban yang merupakan orang tuanya sendiri menyatakan tidak mengajukan aduan ataupun tuntutan.

"Keluarganya tidak ingin memperpanjang kasus ini, karena yang bersangkutan memang mengalami depresi atau gangguan jiwa," kata Herry.

AP akhirnya dibawa ke rumah sakit untuk mendapatkan penanganan psikologis. Diduga sakit jiwa AP yang ditinggal pergi istrinya ini kambuh.
Baca juga: Rumah dan pabrik batako terbakar akibat anak bakar kasur

Puncak depresi AP terjadi saat ia tanpa alasan jelas membakar kasur dalam kamarnya pada Rabu (10/6).

Insiden itu baru diketahui korban yang juga ayah kandung AP, dan juga beberapa warga tetangga sekitarnya saat api berkobar membakar seluruh isi rumah.

Herry menyebut, AP sudah mengalami gangguan jiwa sejak muda.

"Dulu dia sering jatuh dengan kepala membentur lantai atau aspal. Mungkin itu yang membuat perangainya terkadang tidak terkendali," kata AKP Herry.

Kondisi AP semakin parah setelah dia menikah dan kemudian ditinggal pergi istrinya.

Sejak itu, depresinya semakin parah. Kendati tidak membahayakan orang lain, AP kerap mengamuk dan melakukan tindakan mengarah bunuh diri.

Beberapa kali aksi nekat dia lakukan, termasuk upaya bunuh diri dengan cara membakar kasur yang dilakukannya terakhir.

Insiden pembakaran rumah oleh ODGJ ini terjadi di Desa Sukorejo Wetan, Kecamatan Rejotangan, Tulungagung, Jatim, sekitar pukul 20.00 WIB.

Api berasal dari arah kamar pelaku yang kemudian merembet besar, sehingga membakar seluruh isi kamar dan merembet ke atap dan sebagian besar bangunan rumah, sehingga luluh lantak dilalap si jago merah.
Baca juga: Anak Main Korek Api Bakar Rumah
Baca juga: Anak Stres Bakar Rumah Sendiri
Pewarta : Destyan H. Sujarwoko
Editor: Budisantoso Budiman
COPYRIGHT © ANTARA 2020