Gol semata wayang Haaland amankan kemenangan tipis Dortmund

Gol semata wayang Haaland amankan kemenangan tipis Dortmund

Penyerang Borussia Dortmund Erling Braut Haaland (kedua dari kiri) menyundul bola untuk menjadi gol penentu kemenangan saat timnya menang 1-0 atas Fortuna Duesseldorf, dalam pertandingan Liga Jerman yang dimainkan di Merkur Spiel-Arena, Duesseldorf, Sabtu (13/6/2020). (ANTARA/AFP/LEON KUEGELER)

Jakarta (ANTARA) - Gol semata wayang Erling Haaland mengamankan kemenangan tipis 1-0 Borussia Dortmund atas Fortuna Duesseldorf dalam pertandingan Liga Jerman yang dimainkan di Merkur Spiel-Arena, Duesseldorf, Sabtu.

Tambahan tiga poin membuat tim peringkat kedua Dortmund untuk sementara memangkas jarak menjadi empat poin dengan pemuncak klasemen Bayern Munich, yang baru akan bermain pada Sabtu malam. Dortmund kini memiliki 66 poin, sedangkan Duesseldorf tetap menghuni peringkat ke-16 dengan 28 poin, demikian catatan laman resmi Liga Jerman.

Duesseldorf gagal menguji kiper Dortmund Roman Buerki pada babak pertama, saat Dortmund benar-benar menguasai permainan. Satu-satunya peluang bagus bagi Duesseldorf didapat Kenan Karaman yang masih dapat diblok Mats Hummels.

Dortmund semestinya dapat memecah kebuntuan saat Jadon Sancho mengirim bola kepada Achraf Hakimi, sayangnya ia gagal menaklukkan kiper Florian Kastenmeier yang menutup ruang tembak.

Duesseldorf memperbaiki penampilan pada babak kedua saat Karaman mengancam melalui tembakannya menyusul kesalahan yang dilakukan Axel Witsel.

Masuknya Haaland sebagai pemain pengganti menambah daya gedor Dortmund. Mereka kemudian berpikir telah memecah kebuntuan saat sepakan voli Raphael Guerreiro melesak masuk ke gawang tuan rumah. Namun gol itu tidak disahkan karena setelah dilakukan peninjauan VAR, terlebih dahulu terjadi pelanggaran.

Baca juga: Haaland kembali ke skuat Dortmund setelah pulih dari cedera lutut

Baca juga: Erling Haaland, pencetak gol pertama papan atas di era pandemi


Haaland akhirnya menjadi pemecah kebuntuan sebenarnya bagi Dortmund pada menit ke-95, saat ia menyundul bola umpan dari Manuel Akanji. 1-0 untuk Dortmund.

Pada pertandingan lainnya, Wolfsburg membuang peluang untuk mengokohkan posisinya di peringkat keenam saat mereka menyia-nyiakan keunggulan dua gol saat menjamu Freiburg.

Die Wolfe unggul terlebih dahulu melalui gol-gol Wout Weghorst pada menit ke-14 dan eksekusi penalti pemain yang sama pada menit ke-27.

Sayangnya angan-angan untuk memetik poin penuh untuk dua pertandingan berturut-turut menjadi buyar, setelah Freiburg memperkecil ketertinggalan pada menit ke-43 melalui gol Lucas Hoeler, dan kemudian benar-benar mengamankan hasil imbang lewat gol Roland Sallai pada menit ke-46.

Baca juga: Klasemen Liga Jerman: Bayern kian dekat dengan gelar juara

Selanjutnya Hertha
Pemain Eintracht Frankfurt Sebastian Rode (kanan) bersama rekannya Almamy Toure merayakan gol kedua untuk timnya saat mengalahkan Hertha BSC dalam laga Bundesliga di Commerzbank-Arena, Frankfurt, Jerman, pada 6 Desember 2019 (REUTERS/KAI PFAFFENBACH)

Hertha telan kekalahan kedua berturut-turut

Hertha Berlin menelan kekalahan untuk kedua kalinya secara berturut-turut saat mereka dipaksa menyerah 1-4 oleh tamunya Eintracht Frankfurt.

Hertha sebenarnya memulai laga dengan apik saat mereka membuka keunggulan melalui gol Krzysztof Piatek pada menit ke-24. Namun petaka bagi Hertha dimulai saat Dedryck Boyata mendapat kartu merah akibat pelanggaran kerasnya terhadap Bas Dost.

Setelah hilangnya Boyata, pertahanan Hertha menjadi rapuh. Dost menyamakan kedudukan untuk Frankfurt pada menit ke-51, sebelum gol Andre Silva pada menit ke-62 membalikkan situasi untuk membawa Frankfurt berbalik unggul 2-1.

Evan N'Dicka memperbesar keunggulan Frankfurt melalui golnya pada menit ke-68, sebelum Silva membukukan gol penutup di laga itu pada menit ke-86 untuk mengamankan kemenangan pertama Frankfurt dalam tiga laga terakhirnya.

Pertarungan antara dua tim papan bawah Koln menjamu Union Berlin berakhir dengan kemenangan 2-1 bagi tim tamu. Marvin Friedrich membuka keunggulan Union pada menit ke-39, sebelum Christian Gentner menggandakan keunggulan tim promosi pada menit ke-67.

Koln sempat memperkecil ketertinggalan melalui gol Jhon Cordoba pada menit ke-90, namun hal itu tidak cukup untuk menghindarkan mereka dari kekalahan ketiganya di era pandemi.

Baca juga: Berbagi poin, catatan nirmenang Union dan Schalke kian panjang

Paderborn semakin dekati degradasi

Tim juru kunci Paderborn semakin dekat untuk turun kasta setelah dihajar 1-5 oleh tamunya Werder Bremen.

Paderborn yang pada laga sebelumnya mampu memaksakan hasil imbang dengan RB Leipzig sudah diganjar penalti pada menit ke-19, namun eksekusi Milot Raschica gagal berbuah gol. Namun semenit kemudian gawang Paderborn benar-benar kemasukan saat Davy Klaassen menanduk umpan silang Theodor Selassie.

Memasuki menit ke-34, giliran pemain Jepang Yuya Osako yang dengan mudah memasukkan bola ke gawang yang terbuka. Sebelum babak pertama usai, Klaassen mengemas gol keduanya di laga ini melalui sepakan volinya.

Maximilian Eggestein kemudian membuka keran gol bagi Werder di babak kedua pada menit ke-59. Abdelhamid Sabiri sempat mengemas gol pelipur lara bagi Paderborn pada menit ke-66, namun gawang tuan rumah kembali kemasukan pada menit ke-90 kali ini melalui gol Niclas Fuellkrug.

Baca juga: Leipzig diimbangi juru kunci, Mainz buat jarak aman degradasi

Baca juga: Hattrick Sancho hiasi kemenangan besar Dortmund atas Paderborn

 
Pewarta : A Rauf Andar Adipati
Editor: Junaydi Suswanto
COPYRIGHT © ANTARA 2020