Jakarta (ANTARA) - Cuaca yang tidak menentu dan sering kali berganti tiba-tiba, membuat kondisi warna kendaraan kusam bahkan cat mobil bisa menjadi rusak.

Dalam hal ini, terdapat lima langkan yang dapat merawat warna kendaraan anda di dalam kondisi musim pancaroba seprti saat ini.

Cuci setelah kena hujan

Air hujan mengandung zat asam yang jika dibiarkan kering akan menjadi jamur dan dapat merusak kualitas dari cat mobil kesayangan kita.

"Oleh karena itu, sebaiknya mobil langsung dicuci dan lap sampai kering untuk menghilangkan zat asam yang dapat membuat cat mobil kusam dan berjamur. Tidak harus menggunakan sabun, dengan membilas mobil dengan air bersih sudah cukup untuk menghilangkan air hujan dari bodi mobil," tulis keterangan resmi dari Asuransi Astra, Senin.

Jangan tutup dengan sarung mobil

Jangan salah persepsi bahwa dengan menutup mobil anda dengan sarung mobil akan membuat cat mobil menjadi awet.

Nyatanya, hal itu dapat membuat permukaan bodi mobil menjadi lembap sehingga menjadi lebih mudah berjamur, begitupun pada saat panas debu yang menempel pada permukaan mobil dan terkena angin akan menjadi lebih susah dihilangkan.

Baca juga: Perawatan mobil selama "di rumah aja"

Baca juga: Waspada "penyakit" mobil jarang dipakai, aki tekor sampai endapan BBM


Hindari sinar matahari langsung

Sinar matahari bisa mengurangi kadar warna pada cat mobil. Untuk itu, mobil sebaiknya jangan terlalu sering terkena paparan sinar matahari langsung agar warna cat mobil menjadi lebih tahan lama serta tetap mengkilap.

Hindari embun malam

Bukan cuma tubuh yang bisa sakit jika terlalu sering menyerap embun malam, tetapi begitu juga dengan cat mobil Anda. Sama seperti hujan, embun malam juga mengandung zat asam yang terkandung pada air hujan. Oleh karena itu, lebih baik simpan mobil Anda di tempat tertutup seperti garasi.

Gunakan wax seperlunya

Penggunaan wax untuk merawat cat mobil boleh saja asal tidak berlebihan, karena pemakaian wax yang terlalu berlebihan dan sering dapat membuat cat mobil Anda terkikis. Jadi, gunakan wax seperlunya agar cat mobil Anda tetap mengkilap dan awet lebih lama.

Perawatan rutin pada mobil kesayangan anda merupakan kunci yang sangat utama, semahal apapun cat yang digunakan untuk melapisi mobil Anda, cat tersebut tak mampu bertahan bagus dalam jangka waktu lama jika tak diiringi dengan perawatan secara berkala.

Baca juga: Tips merawat ban mobil bagi mitra taksi "online"

Baca juga: HD Car Care jalin kerja sama Jakarta Golf Club

Baca juga: Jangan abaikan kendaraan lama di garasi saat WFH
Pewarta:
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2020