Relawan Indonesia Bersatu salurkan bantuan sosial untuk nelayan

Relawan Indonesia Bersatu salurkan bantuan sosial untuk nelayan

Ketua Umum Relawan Indonesia Bersatu Lawan COVID-19 Sandiaga Uno saat penyaluran bantuan sosial dampak COVID-19 di Depok, Selasa (16/6/2020). ANTARA/HO-Relawan Indonesia Bersatu/am.

Jakarta (ANTARA) - Relawan Indonesia Bersatu Lawan COVID-19 yang dikomandoi Sandiaga Salahuddin Uno menyalurkan sebanyak 255 paket bantuan sosial kepada nelayan keramba dan penjaga sekolah yang terdampak pandemi COVID-19.

Sandiaga menyalurkan langsung paket bantuan sosial itu di Jalan Nusantara Raya RT 005 RW 14, Kelurahan Depok Jaya, Kecamatan Pancoran Mas, Depok, Jawa Barat, Selasa.

"Hari ini, kami bersama Solidaritas Merah Putih Jokowi memberikan bantuan 255 paket sembako dan masker. Kami harapkan bantuan ini bisa meringankan beban warga yang bekerja sebagai nelayan keramba," ujar Sandiaga Uno, dalam pernyataan tertulisnya.

Baca juga: RIB fasilitasi 1.000 alat tes cepat massal COVID-19

Sandiaga mengatakan Relawan Indonesia Bersatu Lawan COVID-19 akan terus memberikan bantuan kepada keluarga yang penghasilannya menurun dan mengalami kesulitan ekonomi akibat pandemi ini.

"Warga ini diharapkan terbantu dengan adanya paket bantuan ini. Warga ini mengalami tekanan dari segi penghasilan dan kehilangan pekerjaan maupun biaya hidup yang semakin meningkat. Saya berterima kasih kepada para relawan yang ikut memetakan warga ini menerima bantuan paket sembako yang Insya Allah meringankan beban hidup mereka karena pandemi COVID-19," katanya.

Ia mengatakan bantuan tersebut adalah bentuk koordinasi dari pemerintah, Relawan Indonesia Bersatu Lawan COVID-19, Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19, dan dunia usaha dalam memberikan jaring pengaman sosial kepada warga yang belum tersentuh bantuan.

Selama ini, lanjut dia, ada sekitar 15-20 persen warga yang belum mendapatkan bantuan dari pemerintah.

Baca juga: Sandiaga Uno minta bahu membahu dalam hadapi COVID-19

"Tugas kami di Relawan Indonesia Bersatu Lawan COVID-19 mendata anggota masyarakat yang terlewatkan dan belum tersentuh paket-paket bantuan sosial dari pemerintah dan dunia usaha. Kami akan terus bersatu dan kolaborasi dengan para relawan lainnya untuk bersatu padu melawan COVID-19," katanya.

Selain melakukan tes cepat, "tracing", dan "threating", relawani juga melakukan gerakan membantu ekonomi keluarga.

"Ini yang paling ditunggu, karena sekarang ini setelah 3 bulan melawan COVID-19, keadaan ekonomi masyarakat harus menjadi prioritas dari penyelamatan wabah ini," kata Sandi.

Sandi pun berpesan kepada masyarakat untuk terus disiplin menjaga kesehatan dan mematuhi aturan pemerintah di tengah pandemi COVID-19, sebab kerja sama antara masyarakat dan pemerintah serta para relawan akan membuat pandemi bisa segera teratasi.

Baca juga: Sandiaga: Jaga kemudahan bisnis UMKM di tengah COVID-19

"Jadi, kami berkolaborasi dengan para relawan untuk memetakan daerah-daerah yang perlu disentuh dan belum mendapatkan bantuan dari pemerintah sehingga tidak terjadinya tumpang tindih," kata Sandi.

Sementara itu, Ketua Umum Relawan Solidaritas Merah Putih (Solmet) Jokowi Silverster Matutina mengapresiasi bantuan sembako yang diberikan Sandiaga Uno dan Relawan Indonesia Bersatu.

"Solmet dan para relawan lainnya sangat mendukung program RIB dalam melawan COVID-19. Ke depan, kami akan terus melakukan upaya-upaya untuk mencegah penyebaran COVID-19 dan membantu masyarakat yang terdampak," kata Silverster.

Baca juga: Sandiaga Uno nilai wabah corona peluang perkuat pangan dalam negeri

Relawan Indonesia Bersatu Lawan COVID-19 telah membagikan lebih dari 50.000 paket sembako dan 2,5 juta masker dari 10 juta masker yang tersedia.

Relawan juga akan terus turun ke lapangan untuk menyalurkan bantuan secara langsung kepada masyarakat yang terdampak wabah COVID-19 sehingga bantuan yang diberikan benar-benar tepat sasaran, dan akan terus dilakukan sampai wabah COVID-19 bisa dikalahkan.
Pewarta : Zuhdiar Laeis
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2020