Akhiri dualisme HKTI 10 tahun, Moeldoko-Fadli bersatu bangun pertanian

Akhiri dualisme HKTI 10 tahun, Moeldoko-Fadli bersatu bangun pertanian

Ketua Umum HKTI Fadli Zon, Kepala Staf Kepresidenan/Ketua Umum HKTI Moeldoko dan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo saat menghadiri pertemuan bersama para pimpinan HKTI di Kantor Pusat Kementan, Rabu. (Kementerian Pertanian)

Jakarta (ANTARA) - Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko mengatakan Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) bersama Fadli Zon kini sepakat bersatu-padu membangun pertanian Indonesia, termasuk memikirkan kesejahteraan petani.

Setelah berjalan dengan idealisme masing-masing dengan dualisme kepemimpinan, kini HKTI sepakat berjalan beriringan mendukung kedaulatan pangan Indonesia dengan pimpinan Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo.

"Kami melaporkan ke Menteri Pertanian atas perkembangan kondisi terakhir HKTI dan kami bersepakat dengan Pak Fadli Zon untuk bersatu-padu membangun petani dan pertanian Indonesia yang semakin kokoh, dan betul-betul memikirkan petani dan pertanian Indonesia," kata Moeldoko saat menghadiri pertemuan bersama para pimpinan HKTI di Kantor Pusat Kementan, Rabu.

Moeldoko yang juga Ketua Umum HKTI menerangkan di bawah arahan Mentan bersama sama membangun sinergi serta terlibat secara langsung, sehingga kehadiran HKTI memberikan nilai tambah bagi petani dan pertanian Indonesia.

Baca juga: Mentan paparkan strategi ketersediaan pangan saat normal baru

Selain itu HKTI juga akan memperkuat sinergi guna memikirkan langkah-langkah strategis untuk membangun petani dan pertanian Indonesia.

"Dalam diskusi tadi, ada tiga sampai lima bulan ke depan kita bersama mengambil langkah-langkah konkrit di lapangan, apa yang akan dilakukan secara maksimal," kata Moeldoko.

Mentan mengungkapkan optimismenya terhadap sinergi HKTI dapat mendukung perkembangan pertanian Indonesia.  "Bagaimana pun Kementerian Pertanian sebagai kementerian teknis hanya bisa bergerak kalau infrastruktur pertanian hadir di tengah-tengah kehidupan yang ada. Salah satu infrastruktur itu adalah HKTI," katanya.

Sementara itu Fadli Zon mengungkapkan harapannya bahwa HKTI dapat menyelesaikan dualisme kepemimpinan untuk memajukan pertanian Indonesia.

"Dengan pertemuan ini akan ditindaklanjuti dengan pertemuan berikutnya, kita mengakhiri dualisme HKTI selama 10 tahun sebagai stakeholder pertanian," kata Fadli.

Baca juga: Moeldoko dan Fadli Zon sepakati akhiri dualisme kepengurusan HKTI

 
Pewarta : Mentari Dwi Gayati
Editor: Risbiani Fardaniah
COPYRIGHT © ANTARA 2020