Mobil kita stop dulu, bagi pengunjung jalan dulu aja karena kita sudah siapkan tempat-tempat gampang (diakses) ke sini
Jakarta (ANTARA) - Unit Pengelola Kawasan Monumen Nasional (Monas) menghentikan sementara layanan mobil wisata kawasan cagar budaya itu selama Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) transisi.

"Mobil kita stop dulu, bagi pengunjung jalan dulu aja karena kita sudah siapkan tempat-tempat gampang (diakses) ke sini," kata Kepala Seksi Ketertiban Unit Pengelola Kawasan (UPK) Monumen Nasional (Monas) Deddy Nurahmat Deddy saat ditanya perihal pengoperasian mobil Wisata Monas di sela-sela kegiatan disinfeksi, Rabu.

Deddy mengatakan untuk mengikuti aturan pembatasan, Monas melakukan modifikasi rute satu arah.

Pengunjung yang datang nantinya harus mengikuti rute jalur yang telah disediakan di kawasan halaman Monas sehingga dipastikan tidak ada pengunjung yang dapat bertabrakan.

"Kami pun telah menyiapkan rute-rute untuk pengunjung yang akan datang ke kawasan Monas, Insyallah tidak akan ada pengunjung yang berpapasan," kata Deddy.

Nantinya waktu operasional Monas selama PSBB transisi adalah pukul 08.00 WIB-17.00 WIB.

Seperti diketahui, Monas termasuk dalam salah satu kawasan wisata yang direncanakan dapat mulai beroperasi pada 20 Juni 2020 di masa fase pertama PSBB transisi di Ibu Kota.

Menyambut pembukaan kawasan Cagar Budaya itu, Rabu siang, Dinas Penyelamatan Kebakaran dan Penanggulangan (Gulkarmat) DKI Jakarta telah melakukan penyemprotan disinfektan di kawasan Monas.

Sebanyak 81 personel diturunkan untuk melakukan penyemprotan disinfektan guna memastikan kawasan tersebut steril dari virus ataupun bakteri.

Dalam penyemprotan itu cairan disinfektan yang digunakan berbahan dasar klorin dan kaporit 60 persen.

"Cairannya sudah sesuai standar Dinas Kesehatan, Dinas Lingkungan Hidup DKI, dan Kementerian Kesehatan RI. Jadi aman karena sesuai ambang batas," kata Kepala Dinas Gulkarmat DKI Jakarta Satriadi Gunawan saat ditemui di lokasi.

Baca juga: Hanya ada dua akses masuk menuju Monas di PSBB transisi
Baca juga: Pembatasan jumlah pengunjung Monas hanya dilakukan di tugu_

Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2020