New Delhi (ANTARA) - Amerika Serikat menyampaikan belasungkawa kepada India atas tewasnya 20 tentara negara itu dalam bentrokan dengan pasukan China di wilayah perbatasan kedua negara awal pekan ini.

"Kami menyampaikan belasungkawa terdalam kami kepada rakyat India atas nyawa yang hilang sebagai akibat dari konfrontasi baru-baru ini dengan China," kata Sekretaris Negara AS Mike Pompeo dalam pesan yang diunggah di Twitter.

"Kami akan mengingat keluarga para prajurit, orang-orang terkasih, dan masyarakat saat mereka bersedih."

Sebagai negara nonblok, India selalu berusaha menyeimbangkan pengaruh kekuatan besar, sambil mempertahankan arah yang independen dalam masalah kebijakan luar negeri.

Tetapi dalam dua dekade terakhir, New Delhi telah membangun hubungan politik dan pertahanan yang lebih dekat dengan Washington, dan AS telah menjadi salah satu pemasok senjata utama bagi India.

Baca juga: RI serukan dialog untuk selesaikan sengketa perbatasan India-China

Di tengah peningkatan ketegangan dengan Beijing, ada seruan yang meningkat dari mantan menteri luar negeri India untuk hubungan yang lebih erat dengan AS dan sekutunya-sekutunya, seperti Jepang, untuk membantu menghadapi kekuatan ekonomi dan militer China.

"Ini adalah kesempatan bagi India untuk menyelaraskan kepentingannya secara lebih kuat dan tegas dengan AS sebagai mitra strategis utama dan menanamkan lebih banyak energi ke dalam hubungan dengan Jepang, Australia, dan ASEAN," tulis mantan menteri luar negeri Nirupama Rao dalam surat kabar The Hindu.

India menuduh pasukan China di Lembah Galwan bertindak secara terencana, menyerang tentara India dengan tongkat besi dan pentungan yang ditanami paku-paku.

Sejumlah tentara India terluka dalam bentrokan pada Senin malam (15/6) dan India mengatakan korban juga berjatuhan di pihak militer China.

India dan China sejak awal Mei telah berhadapan satu sama lain di tiga lokasi, termasuk Lembah Galwan,  setelah India mengatakan pasukan China masuk ke wilayahnya berdasarkan Garis Kendali Aktual yang tidak jelas, yang merupakan perbatasan de facto.

Baca juga: 20 tentara India tewas dalam bentrokan dengan pasukan China

China menolak klaim India tentang serangan tersebut dan menyebut bentrokan disebabkan tentara India yang menyeberang ke wilayahnya.

Namun, citra satelit menunjukkan bahwa pada hari-hari menjelang bentrokan, China mengerahkan alat berat, memutus jalan setapak di lereng Gunung Himalaya, dan mungkin bahkan membendung sungai.

Gambar-gambar yang diambil pada Selasa (16/6), sehari setelah tentara terlibat dalam pertempuran di Lembah Galwan yang dingin, menunjukkan peningkatan aktivitas sejak seminggu sebelumnya.

Sumber: Reuters

Baca juga: China beraktivitas di perbatasan sebelum bentrokan dengan India

Baca juga: India tak sabar tunggu respon Modi atas bentrokan dengan China


 

Papua berencana buka pintu perbatasan dengan PNG

Penerjemah: Yashinta Difa Pramudyani
Editor: Tia Mutiasari
Copyright © ANTARA 2020