Padang (ANTARA) - Lebih dari 70 persen pasien COVID-19 di Sumatera Barat sudah sembuh, jauh lebih tinggi ketimbang persentase pasien terinfeksi virus corona yang sembuh di tingkat nasional yang sekitar 39,6 persen pada 19 Juni 2020.

"Total yang telah sembuh dari COVID-19 hingga Sabtu berjumlah 497 orang dari 703 kasus, salah satu yang tertinggi di Indonesia," kata Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Sumatera Barat Jasman di Padang, Sabtu.

"Artinya selama ini penanganan tracking (pelacakan) dan tracing (penelusuran) kita telah berada di jalur yang benar, sehingga penanganan yang diberikan juga bisa maksimal," ia menambahkan.

Dia menekankan pentingnya warga tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penularan COVID-19 dalam beraktivitas supaya penularan penyakit yang disebabkan oleh virus corona tipe baru (SARS-CoV-2) tersebut bisa terus ditekan.

"Tanpa kepatuhan dan kedisiplinan, pandemi ini tidak akan berujung. Karena itu patuhi semua protokol kesehatan sampai vaksin COVID-19 ini ditemukan," katanya.

Menurut data pemerintah, meski pasien COVID-19 yang sembuh bertambah banyak, kasus infeksi SARS-CoV-2 juga masih bertambah.

Hingga Sabtu (20/6) pagi, jumlah total warga Sumatera Barat yang positif terserang COVID-19 sebanyak 703 orang, bertambah tiga dari hari sebelumnya.

Dari seluruh pasien COVID-19 di Sumatera Barat, 497 orang telah sembuh, 30 orang meninggal dunia, dan 176 orang masih menjalani perawatan atau isolasi mandiri.

Baca juga:
Pasien yang sembuh dari COVID-19 jadi 17.349 orang dari 43.803 kasus
Sumatera Barat berlakukan tatanan normal baru mulai 8 Juni

Pewarta: Miko Elfisha
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2020