Target kami 10 hari terhitung hari ini
Jakarta (ANTARA) - Palang Merah Indonesia (PMI) Jakarta Pusat menargetkan melakukan penyemprotan disinfektan terhadap 573 sekolah di Jakarta Pusat untuk memperkecil potensi penyebaran COVID-19 di lingkungan tempat pendidikan itu.

"Target kami 10 hari terhitung hari ini. Tim kita sebar untuk semprot yang dimulai dari sekolah negeri terlebih dahulu yang kemudian baru sekolah swasta," kata Kepala Markas PMI Pusat Edward Bachtiar saat dikonfirmasi di Jakarta, Senin, terkait kegiatan disinfeksi itu di sejumlah sekolah.

Khusus untuk Senin ini, katanya, ia menargetkan sebanyak 62 sekolah akan mendapatkan layanan penyemprotan disinfektan,

Edward mengatakan pihaknya membentuk enam tim untuk memastikan kegiatan itu dapat berlangsung dengan cepat.

"Kita bagi enam tim untuk target hari ini 62 sekolah," kata Edward.

Edward mengatakan meski sekolah sudah lama tidak digunakan untuk kegiatan belajar, mengajar namun penyemprotan disinfektan tetap harus dijalankan agar orang tua tetap merasa aman jika nantinya anak-anak harus kembali belajar di ruang-ruang sekolah.

Penyemprotan ini secara merata akan dilakukan di berbagai tingkat sekolah mulai dari SD,SMP, hingga SMA dan sekolah sederajat lainnya.

"Kita semprot, baik itu sekolah masuk zona merah ataupun hijau. Agar orangtua tidak perlu khawatir untuk datang ke sekolah nantinya," ujar Edward.

Seperti diketahui, sudah selama tiga bulan para siswa harus mengikuti kegiatan belajar dari rumah akibat pandemi COVID-19.

Bahkan kegiatan kelulusan di sekolah-sekolah pun harus dilakukan lewat daring karena virus asal Wuhan itu.

Pemprov DKI Jakarta pun telah membuka pendaftaran penerima siswa baru untuk tahun ajaran baru 2020-2021.

Meski belum ada keputusan untuk siswa- siswi akan belajar di sekolah, namun kegiatan disinfeksi rutin tetap dilakukan oleh PMI maupun Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan DKI Jakarta untuk memastikan fasilitas publik sekolah bebas dari COVID-19.

Baca juga: PMI Jakpus disinfeksi Asrama Bethel Petamburan
Baca juga: PMI Jakarta Pusat siapkan drone disinfektan untuk pemukimanan padat

Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2020