Iran kirim kotak hitam pesawat Ukraina yang ditembak jatuh ke Prancis

Iran kirim kotak hitam pesawat Ukraina yang ditembak jatuh ke Prancis

Sebuah peti yang konon berisi dua kotak hitam yang didapatkan dari pesawat Ukraina yang jatuh, Boeing 737-800, terlihat di Teheran, Iran, Jumat (10/1/2020). ANTARA FOTO/IRIB VIA WANA/Handout via REUTERS/nz/cfo

Beirut (ANTARA) - Iran akan mengirimkan kotak hitam pesawat Ukraine International Airlines, yang ditembak jatuh pada Januari, ke Prancis untuk dianalisis, menurut pernyataan resmi pemerintah Iran pada Senin (22/6).

"Republik Islam Iran akan mengirim kotak hitam pesawat Ukraina ke Prancis dalam beberapa hari mendatang untuk dibaca informasinya," kata Menteri Luar Negeri Iran Mohammad Javad Zarif, dikutip dari laporan Kantor Berita IRNA.

Badan pemerintah Prancis untuk penyelidikan kecelakaan udara, BEA, diketahui sebagai salah satu lembaga terkemuka di dunia yang dapat membaca informasi rekaman penerbangan.

Iran menembak jatuh pesawat penumpang komersial yang tengah terbang itu pada 8 Januari dengan rudal darat-ke-udara hingga menewaskan 176 orang di dalamnya, termasuk 57 orang warga negara Kanada.

Pemerintah Iran kemudian mengakui kejadian itu sebagai "kesalahan pembawa petaka" yang dilakukan oleh militer negara dalam situasi kewaspadaan tinggi di tengah konfrontasi dengan Amerika Serikat kala itu.

Pernyataan Zarif tersebut disampaikan dalam sebuah percakapan telepon dengan Menteri Luar Negeri Kanada Francois-Philippe Champagne.

Champagne sendiri menyebut dalam pernyataan terpisah bahwa Zarif telah berkomitmen untuk mengirim rekaman percakapan pesawat itu tanpa menunda-nunda. Selain itu, dia mengatakan Iran "setuju untuk melakukan negosiasi terkait kompensasi."

Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy menyatakan pada Februari bahwa pemerintahannya tidak cukup puas dengan besaran kompensasi yang ditawarkan Iran.

Sumber: Reuters

Baca juga: Corona halangi Ukraina-Iran bahas penyelidikan kecelakaan pesawat

Baca juga: Pengunggah video serangan roket pesawat Ukraina dipenjara

Baca juga: Jenazah korban pesawat Ukraina dibawa pulang dari Iran


 

Pesawat TNI AU jatuh diduga karena hilang tenaga

Pewarta : Suwanti
Editor: Tia Mutiasari
COPYRIGHT © ANTARA 2020