Padang (ANTARA) - Harga emas batangan di PT Pegadaian Area Padang, Sumatera Barat terus melonjak hingga mencapai Rp923.000 per gram dibandingkan dengan harga sebelumnya Rp916.000 per gram.

Manager Bidang Pemasaran Pegadaian Area Padang Novri Yuvani, di Padang, Selasa menyebutkan emas cetakan UBS mengalami kenaikan harga sejak hari ini yang mencapai Rp923.000 per gram dari sebelumnya hanya Rp916.000. Kemudian untuk ukuran 2 gram mencapai Rp1.829.000 dari sebelumnya hanya Rp1.804.000.

Lebih lanjut ia menyebutkan untuk ukuran 5 gram, emas cetakan UBS dibanderol Rp4.542.000 dibandingkan sebelumnya Rp4.480.000.

"Untuk emas ukuran 10 gram cetakan UBS saat ini dibanderol Rp9.037.000, sedangkan sebelumnya hanya Rp8.914.000," ujar dia.

Menurut dia kenaikan harga emas ini salah satu dampak Corona Virus Disaese (COVID-19) yang melanda di banyak negara.

Lebih lanjut ia mengatakan tren harga emas yang terus mengalami kenaikan tersebut layak untuk dimanfaatkan masyarakat yang berencana melakukan investasi jangka panjang.

"Saat ini emas juga menjadi salah satu alternatif investasi yang aman dan likuid serta mudah dijangkau oleh masyarakat," kata dia.

Selain itu ia juga mendorong masyarakat untuk memanfaatkan momentum tren harga emas yang terus meningkat di pasar internasional dengan memiliki komoditas tersebut melalui aplikasi Pegadaian Digital Servis (PDS) yang dapat dimanfaatkan oleh pelanggan selama 24 jam.

"Kami juga mengimbau setiap nasabah yang melakukan transaksi di pegadaian cukup menggunakan aplikasi PDS di tengah pandemi COVID-19 ini," kata dia.

Hal itu bertujuan untuk mengurangi transaksi secara langsung di Pegadaian Area Padang. Untuk mencegah penularan infeksi virus COVID-19, kata dia.

Melalui layanan online pada aplikasi Pegadaian Digital Servis, masyarakat juga dapat melakukan pembukaan rekening, top up, gadai, cicil emas, serta transaksi Pegadaian Tabungan Emas.

"Saat ini salah satu investasi yang menjanjikan dan likuid adalah emas," kata dia. 


Baca juga: Harga emas Antam hari ini Rp898.000/gram

Baca juga: Selama Corona, harga emas Pegadaian menguat 21 persen

Baca juga: Pegadaian: Minat masyarakat investasi emas melonjak, tergiur harga

Pewarta: Laila Syafarud
Editor: Subagyo
Copyright © ANTARA 2020