Jakarta,(ANTARA News) - Sebanyak delapan aksi demonstrasi akan digelar di berbagai tempat di wilayah DKI Jakarta, Kamis, sehingga pengguna jalan diimbau untuk menghindari lokasi unjuk rasa karena berpotensi terjadi kemacetan.

Menurut informasi dari Traffic Management Center (TMC) Polda Metro Jaya di Jakarta, Kamis pagi, aksi pertama akan berlangsung di dua tempat yaitu depan Istana Merdeka di Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, dan di Pengadilan Perselisihan Hubungan Industrial (PPHI) di Jalan MT Haryono, Jakarta Selatan.

Aksi yang rencananya dimulai sekitar pukul 09:00 WIB itu akan dilakukan oleh Serikat Pekerja Kereta Api Jabodetabek dan Aliansi Buruh Menggugat.

Pada jam yang sama, unjuk rasa diagendakan berlangsung di depan kantor Walikota Jakarta Utara di Jalan Yos Sudarso, Jakut, oleh elemen Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Jakarta, Urban Poor Consorsium (UPC), dan Warga Budi Darma Cilincing.

Aksi demonstrasi ketiga dijadwalkan terjadi di Bundaran Patung Kuda dan depan Istana Merdeka pada pukul 09:30 WIB oleh kelompok Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia.

Sementara itu, unjuk rasa juga akan dilaksanakan di dua tempat, yaitu di kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pusat di Jalan Imam Bonjol, dan di depan Mahkamah Konstitusi (MK) di Jalan Medan Merdeka Barat, Jakpus.

Aksi depan kantor KPU dan MK pada sekitar pukul 10:00 WIB itu dilakukan oleh massa yang mengaku tergabung dalam kelompok Front Pemuda Sulawesi Indonesia.

Pada jam yang sama, unjuk rasa akan digelar di depan kantor Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di Jalan HR Rasuna Said, Jakarta Selatan, oleh Aliansi Pemuda dan Mahasiswa Anti Korupsi beserta Forum Masyarakat Nias Peduli (Formanispe).

Sedangkan aksi keenam berlangsung di depan Kedutaan Besar RRC di kawasan Mega Kuningan, Jaksel, pukul 10:45 WIB, oleh Friends of Falun Gong Indonesia.

Unjuk rasa ketujuh rencananya akan dilaksanakan di kantor PT Jasa Marga di Jalan Pintu I TMII, Jakarta Timur, pukul 13:00 WIB, oleh Kesatuan Aksi Lintas Mahasiswa (Kalam).

Terakhir, aksi demonstrasi akan digelar Jaringan Solidaritas Korban untuk Keadilan (JSKK) yang kerap menggelar "aksi kamisan" depan Istana Merdeka pada sekitar pukul 16:00 WIB.(*)

Pewarta:
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2009