Kota Pangkalpinang Babel sudah nihil pasien COVID-19

Kota Pangkalpinang Babel sudah nihil pasien COVID-19

Kepala Dinas Kesehatan Kota Pangkalpinang, Masagus M Hakim. (ANTARA/ Donatus D.P)

Pangkalpinang (ANTARA) - Dinas Kesehatan Kota Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menyatakan di kota tersebut sudah tidak ada atau nihil pasien COVID-19 karena semua telah dinyatakan sembuh.

"Dari 33 orang yang terkonfirmasi positif COVID-19, sampai dengan hari ini 32 orang dinyatakan sembuh dan satu orang meninggal dunia, sehingga Pangkalpinang saat ini sudah nihil pasien positif COVID-19," kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Pangkalpinang Masagus M Hakim di Pangkalpinang, Kamis.

Baca juga: Kasus positif COVID-19 di Pangkalpinang bertambah lima orang

Ia mengatakan Kota Pangkalpinang sudah nol pasien positif COVID-19 setelah dua orang pada Rabu (24/6) malam dinyatakan sembuh, yaitu ML (27) laki-laki warga Jalan Usada, Kelurahan Keramat, Kecamatan Rangkui dan DW (53) laki-laki warga Komplek Timah Bukit Baru Kelurahan Taman Bunga, Kecamatan Gerunggang.

"Keduanya dinyatakan sembuh berdasarkan hasil tes usap kedua yang keluar pada 23 Juni 2020 yang menyatakan negatif COVID-19," katanya.

Baca juga: Pasien positif COVID-19 di Pangkalpinang bertambah empat orang

Walaupun sudah nol pasien positif COVID-19, pihaknya tetap akan terus melakukan tes cepat dan tes usap massal guna memutus penyebaran COVID-19 di daerah itu.

"Kemarin kami telah melakukan tes usap di pusat perbelanjaan Ramayana sebanyak 25 orang dan hari ini 16 orang yang terdiri dari karyawan dan pedagang," katanya.

Baca juga: Gugus Tugas puji kesiapan Pangkalpinang tangani COVID-19

Ia berharap dari tes usap massal yang dilakukan tersebut tidak ada yang dinyatakan positif sehingga Kota Pangkalpinang bisa terus masuk zona hijau COVID-19.

Sebelumnya, Pemerintah Kota Pangkalpinang menargetkan menjadi daerah zona hijau pada akhir Juni menyusul terus bertambahnya pasien sembuh dari COVID-19.

Untuk menuju zona hijau tersebut, Pemkot Pangkalpinang melakukan segala upaya baik itu melakukan pemeriksaan dan pelacakan dengan cara tes cepat maupun tes usap massal.

Baca juga: Satu Kepala OPD Pemkot Pangkalpinang terkonfirmasi positif COVID-19

Pewarta : Donatus Dasapurna Putranta
Editor: Agus Salim
COPYRIGHT © ANTARA 2020