Shin Tae-yong, Ketum PSSI bakal bicara empat mata Jumat sore

Shin Tae-yong, Ketum PSSI bakal bicara empat mata Jumat sore

Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan (kiri) memakaikan jaket Timnas Indonesia ke Pelatih Timnas Indonesia Senior yang baru Shin Tae-Yong (kanan) di Stadion Pakansari, Cibinong, Bogor, Jawa Barat, Sabtu (28/12/2019). (ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya/wsj)

Jakarta (ANTARA) - Pelatih tim nasional Indonesia Shin Tae-yong dan Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan berencana untuk berbicara empat mata secara virtual pada Jumat (26/6) sore, demikian disampaikan pelaksana tugas Sekretaris Jenderal PSSI Yunus Nusi.

"Mereka hanya akan ditemani penerjemah. Ketua umum ingin berbicara dari hati ke hati dengan Shin," ujar Yunus kepada pewarta di Jakarta, Kamis.

Menurut Yunus, Iriawan akan berbesar hati dan menerima apa saja keinginan yang akan disampaikan Shin dalam perjumpaan tersebut demi skuat Garuda dan Merah Putih.

"Ketua umum akan sabar dan berbesar hati untuk menerima serta mengakomodasi keinginan Shin Tae-yong. Shin memang hanya mau berbicara dengan ketua umum," tutur Yunus.

Baca juga: Yunus: Shin Tae-yong akan bertemu ketua umum PSSI secara virtual

Sebelum menjalani pertemuan virtual dengan Shin, Iriawan dijadwalkan terlebih dulu mengikuti rapat persiapan penyelenggaraan Piala Dunia U-20 2021 bersama Kemenpora, Setneg dan Kementerian PUPR.

Pada Rabu (24/6), Yunus Nusi menyebut, pertemuan ketua umum PSSI dengan Shin Tae-yong akan difokuskan ke soal waktu kepulangan Shin Tae-yong ke Indonesia.

Shin dan empat orang jajarannya di staf kepelatihan timnas yaitu Kim Hae-Woon, Kim Woo-Jae serta Lee Jae-Hong serta Gong Oh-Kyun berada di kampung halaman mereka, Korsel sejak April 2020.

PSSI ingin bertatap muka dengan Shin di Jakarta untuk melakukan evaluasi ulang terhadap program tim nasional yang sudah disusun juru taktik asal Korea Selatan itu.

Baca juga: Pengamat nilai pola pikir soal target prestasi usia muda harus diubah
Baca juga: PSSI kirim surat minta Shin Tae-yong ke Indonesia 29 Juni


Evaluasi diperlukan karena PSSI menganggap program yang telah disusun Shin untuk timnas tidak lagi relevan saat ini akibat pandemi penyakit virus corona (COVID-19) yang membuat semua kegiatan sepak bola Indonesia termasuk tim nasional dihentikan sementara.

Selain itu, kehadiran Shin di Tanah Air supaya dapat langsung menangani tim nasional senior dan U-19 Indonesia yang mulai Oktober 2020 akan menjalani turnamen internasional.

Timnas Indonesia akan menghadapi tiga laga terakhir Grup G putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia yaitu menantang tuan rumah Thailand pada 8 Oktober 2020, kemudian menjamu Uni Emirat Arab pada 13 Oktober 2020 dan bertandang ke Vietnam untuk melawan si empunya kandang pada 12 November 2020.

Kemudian, timnas U-19 Indonesia akan berlaga Piala Asia U-19 2020 di Uzbekistan pada 14-31 Oktober 2020.

Baca juga: Pengamat nilai pernyataan Indra Sjafri tidak mencerdaskan
Baca juga: PSSI minta klarifikasi saat Shin Tae-yong kembali ke Indonesia
Baca juga: Menpora minta PSSI dan Shin Tae-yong bertemu bukan berbalas argumen
Pewarta : Michael Siahaan
Editor: Gilang Galiartha
COPYRIGHT © ANTARA 2020