Tokyo,(ANTARA News) - Perdana Menteri Jepang Yukio Hatoyama Selasa menyatakan penyesalan atas peluncuran rudal terakhir oleh Korea Utara, rezim komunis yang terkucil dan sejak lama menjadi penyebab ketegangan hubungan.

Pyongyang Senin menguji tembak lima rudal jarak pendek di lepas pantai timur negaranya, kata para pejabat Korea Selatan, sebagaimana dikutip dari AFP.

"Saya dengar dari laporan-laporan. Jika itu benar, saya pikir tindakan itu sangat disesalkan," kata Hatoyama kepada para wartawan, di depan kediamannya Selasa lagi, tanpa memberikan komentar lebih lanjut.

Kepala Sekretaris Kabinet Hirofumi Hirano mengatakan dalam suatu konferensi pers bahwa pemerintah Jepang sedang mengumpulkan informasi mengenai laporan peluncuran rudal itu.

Satu laporan media Korea Selatan mengatakan, Korea Utara diduga melakukan uji tembak beberapa rudalnya Selasa, dan saat ini dari pantai baratnya.

Peluncuran rudal Korea Utara pertama kali dilaporkan awal Juli, dan dilakukan di tengah-tengah upaya internasional untuk membawa negara komunis garis keras itu kembali ke meja perundingan perlucutan nuklir enam negara.(*)

Pewarta:
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2009