Kemarin, kompensasi token gratis PLN hingga pesawat Garuda terperosok

Kemarin, kompensasi token gratis PLN hingga pesawat Garuda terperosok

PLN sedang menyiapkan sistem untuk memasukkan sekitar 500 ribu pelanggan listrik golongan bisnis kecil dan industri kecil berbasis token. (ANTARA/HO-PLN)

Jakarta (ANTARA) - Sejumlah informasi penting menghiasi berita ekonomi pada Rabu (1/7) mulai dari kompensasi token listrik gratis sudah dapat diakses oleh pengguna listrik bersubsidi, hingga pesawat Garuda Indonesia yang tergelincir di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar, Sulawesi Selatan.

Berikut rangkuman berita selengkapnya yang masih menarik untuk dibaca:

1. Masyarakat bisa klaim token gratis PLN hari ini

PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) memberikan kompensasi token listrik gratis dampak COVID-19 kepada pengguna listrik bersubsidi yang dapat diakses hari ini, Rabu.

Berdasarkan pantauan Antara di Jakarta, website resmi PLN sudah dapat diakses untuk mendapatkan klaim kompensasi tersebut.

Baca selengkapnya di sini

2. Menhub usulkan syarat bepergian dengan SIKM dihapus

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengusulkan kepada Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 agar surat izin keluar masuk (SIKM) wilayah Jakarta dihapus.

“SIKM ini memang kewenangan dari Pemprov DKI. Saya sudah memberikan catatan kepada Gugus Tugas agar itu sekalian ditiadakan saja,” kata Menhub Budi saat rapat kerja dengan Komisi V DPR di Jakarta, Rabu.

Baca selengkapnya di sini

3. BPS: kenaikan harga daging ayam dan telur picu inflasi Juni 2020

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat terjadi inflasi pada Juni 2020 sebesar 0,18 persen yang dipicu oleh kenaikan harga telur dan daging ayam ras.

"Bulan ini, daging ayam ras menjadi penyumbang utama inflasi Juni," kata Kepala BPS Suhariyanto dalam jumpa pers di Jakarta, Rabu.

Baca selengkapnya di sini

4. Pemerintah revisi APBN 2020, belanja negara jadi Rp2.739,16 triliun

Pemerintah menerbitkan Peraturan Presiden (Perpres) No 72 Tahun 2020 sebagai revisi atas Perpres 54/2020 mengenai belanja dan pendapatan negara, guna mendukung terobosan kebijakan fiskal dan mempercepat penanganan pandemi COVID-19.

"Revisi dilakukan dengan mempertimbangkan perubahan kondisi ekonomi masyarakat yang dipengaruhi COVID-19 dan mencerminkan fleksibilitas dan adaptivitas kebijakan ekonomi, serta kebijakan kesehatan pemerintahan demi menghadapi pandemi tersebut," kata Juru Bicara Presiden Fadjroel Rachman melalui keterangan tertulis dilansir di Jakarta, Rabu.

Baca selengkapnya di sini

5. Pesawat Garuda terperosok, keluar landasan Bandara Sultan Hasanuddin

Garuda Indonesia dengan nomor penerbangan GA 613 tergelincir di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar, Sulawesi Selatan, ketika akan tinggal landas menuju Jakarta pada malam ini.

Berdasarkan informasi yang dihimpun di lapangan, Rabu malam, diketahui pesawat milik perusahaan berplat merah itu yang keluar dari landasan pacu itu berjenis Airbus A330.

Baca selengkapnya di sini

 
Pewarta : Mentari Dwi Gayati
Editor: Ahmad Buchori
COPYRIGHT © ANTARA 2020