Zacky Makarim terpilih sebagai Plt Ketua Umum PB PASI

Zacky Makarim terpilih sebagai Plt Ketua Umum PB PASI

Dok - Sekjen PB PASI Tigor Tanjung dalam sesi wawancara di kawasan Sudirman, Jakarta (3/7/2019) (Cornea Khairany)

Jakarta (ANTARA) - Pengurus Besar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PB PASI) menunjuk Mayjen Purn. Zacky Anwar Makarim resmi sebagai pelaksana tugas ketua umum setelah melalui rapat bersama pengurus provinsi PASI seluruh Indonesia yang dilakukan secara virtual.

Sekretaris Umum PB PASI Tigor M. Tanjung yang memimpin rapat tersebut menyebutkan bahwa penunjukan Plt Ketum diperlukan secara mendesak karena kebutuhan persiapan agenda atletik.

"Untuk mengantisipasi kegiatan yang bersifat eksternal seperti MOU dengan Kemenpora untuk dana pelatnas, maka dibutuhkan figur seorang ketua umum atau setidaknya Plt ketua umum," kata Tigor dalam keterangan tertulis di Jakarta, Kamis.

Baca juga: PB PASI lanjutkan kepengurusan tanpa Plt Ketua Umum
Baca juga: Bob Hasan wafat


Kendati banyak agenda olahraga yang tertunda akibat pandemi virus corona, namun persiapan untuk pelatnas tetap harus dilakukan. Saat ini pemerintah juga telah siap untuk menggelontorkan dana pelatnas bagi cabang olahraga yang dipersiapkan untuk event internasional tahun 2021 mendatang, termasuk Olimpiade Tokyo.

"Ini kebutuhan yang dipahami oleh pengurus PB PASI, termasuk pengurus di daerah. Beliau juga sosok yang dianggap layak dan tepat sebagai pelaksana tugas Ketua Umum PB PASI kepengurusan 2016-2020," pungkas Tigor.

Zacky, yang sebelumnya menjabat Ketua Bidang Organisasi PB PASI menyebutkan, berjanji untuk meneruskan tugas Ketum PB PASI hingga selesai dan mengadakan kongres di bulan Desember.

Baca juga: PB PASI siapkan program efisiensi dana pelatnas
Baca juga: PB PASI ingatkan atlet hindari latihan luar ruangan selama pandemi


Selain itu, meski terpilih pada situasi yang kurang baik di tengah pandemi dan ketiadaan ajang, namun ia optimistis bisa menjalankan program PB PASI secara baik.

"Tapi saya yakin, kita semua akan berjuang bersama membesarkan atletik Indonesia," kata pria yang merupakan paman Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim ini.

Rencananya PB PASI akan menggelar kongres untuk menentukan ketua umum dan pengurus baru periode 2020 -2024 pada Desember 2020 mendatang.

Baca juga: Swab test jadi syarat wajib PB PASI untuk gelar Pelatnas
Baca juga: PASI belum susun pedoman aktivitas latihan New Normal
Pewarta : Roy Rosa Bachtiar
Editor: Fitri Supratiwi
COPYRIGHT © ANTARA 2020