Saya berharap agar piala ini dapat terus dipertahankan oleh Pertamina EP
Jakarta (ANTARA) - PT Pertamina EP kembali meraih gelar Best of The Best pada ajang penghargaan manajemen mutu bertajuk Annual Pertamina Quality Award (APQA) 2020 yang diselenggarakan oleh PT Pertamina (Persero).

Mengambil tema Levelling Up Competitiveness Through Synergy in Quality Improvement, ajang tersebut berlangsung secara daring pada Kamis (2/7/2020).

Direktur Utama Pertamina EP, Eko Agus Sardjono, dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Jumat, mengapresiasi atas prestasi yang telah diraih insan mutu PT Pertamina EP.

Menurutnya, penghargaan yang kelima kalinya ini merupakan kontribusi seluruh pekerja dan tim PT Pertamina EP dalam penerapan 4 Pilar Quality Management.

"Terima kasih kepada para insan mutu Pertamina EP atas dukungan dan implementasi terhadap 4 Pilar Quality Management yang telah diterapkan PT Pertamina EP sehingga dapat membawa kembali penghargaan kategori The Best of The Best ini. Saya berharap agar piala ini dapat terus dipertahankan oleh Pertamina EP," kata Eko Agus Sardjono.

Sementara itu, Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati mengapresiasi peningkatan antusiasme pekerja dalam melakukan program peningkatan kinerja berkelanjutan atau Continues Improvement Program (CIP).

"Selamat untuk insan mutu Pertamina, mari kita bangun budaya perbaikan berkelanjutan secara bersama dengan semangat dan dedikasi terbaik untuk memberikan kontribusi Pertamina menjadi world class national energy company," katanya.

Pelaksanaan APQA merupakan wujud dukungan dan apresiasi manajemen untuk membangun budaya inovasi dan perbaikan yang berkelanjutan di level bisnis dan operasional. Hingga tahun 2020, Pertamina EP meraih kategori Best of The Best telah 5 kali dan Best of The Best di dua tahun terakhir berturut – turut.

Kategori Best of the best dalam APQA 2020 dicapai Pertamina EP karena meraih 4 dari 11 kategori APQA, diantaranya kategori The Best Quality Board, The Most Productive CIP-ER, The Best Quality Agent, dan The Best Replicated. Pencapaian ini tidak lepas dari dukungan kuat dari Manajemen & Dewan Mutu Pertamina EP selama ini.

Salah satu yang mendapatkan Platinum Award adalah PC Prove Sea Waroc. Sea Waroc merupakan inovasi Pertamina EP Asset 3 Jatibarang Field yang berhasil menemukan inovasi alat baru yang bisa menggantikan kerja manual untuk mengatasi marine growth. Marine growth adalah sekumpulan hewan/tumbuhan laut yang tumbuh dan berkoloni di permukaan bangunan / struktur di laut, dimana kondisi bahan makanan / nutrisi, cahaya matahari, faktor pH (derajat keasaman) dan kondisi lingkungan lain cocok bagi pertumbuhan mereka. Tumbuhnya marine growth pada permukaan bangunan / struktur ini dapat menimbulkan berbagai masalah.

Sea-Waroc (Sea Wave Ring Automatic) merupakan alat yang didesain untuk menghilangkan salah satu unsur penyebab pertumbuhan marine growth tersebut, yaitu bahan makanan/nutrisi. "Sea-Waroc" membersihkan tiang struktur platform dari bahan-bahan makanan marine growth, sehingga pertumbuhan marine growth di tiang struktur platform dapat dicegah.

"Sea-Waroc" didesain dalam bentuk ring menggunakan prinsip mekanis dan Buoyancy untuk menghilangkan bahan makanan / nutrisi yang menempel di tiang struktur platform. Dengan alat "Sea-Waroc", PT. Pertamina EP berharap dapat membantu operator lapangan migas lain yang memiliki platform offshore dalam menyelesaikan permasalahan marine growth.

Baca juga: Pertamina EP Jambi berhasil bor sumur di tengah pandemi COVID-19
Baca juga: Pusri teken kontrak pembelian gas dari Pertamina EP hingga 2023

 

Pewarta: Faisal Yunianto
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2020