Kemarin, BI bantah RI alami resesi hingga saham Pizza Hut anjlok

Kemarin, BI bantah RI alami resesi hingga saham Pizza Hut anjlok

Logo Bank Indonesia. ANTARA/Dokumentasi BI

Jakarta (ANTARA) - Sejumlah informasi penting menghiasi berita ekonomi pada Jumat (3/7/2020) mulai dari Bank Indonesia optimistis perekonomian Indonesia tidak mengalami resesi hingga harga saham emiten pengelola Pizza Hut, PT Sarimelati Kencana Tbk sempat anjlok seiring kabar pemegang waralaba makanan siap saji terbesar Pizza Hut di Amerika Serikat (AS) terancam bangkrut.

Berikut rangkuman berita selengkapnya yang masih menarik untuk dibaca:

1. BI: Kita tidak menuju suatu titik resesi, ini indikatornya

Bank Indonesia (BI) optimistis perekonomian Indonesia tahun 2020 tidak mengalami resesi di tengah pandemi COVID-19 karena sejumlah indikator perdagangan global termasuk ekspektasi masyarakat, mulai menunjukkan tanda perbaikan.

“Ini masih dini tapi menggambarkan kita tidak menuju suatu titik resesi sebagaimana dikhawatirkan banyak orang,” kata Deputi Gubernur BI Dody Budi Waluyo dalam webinar Mengelola Disrupsi Teknologi Keuangan dan Perubahan Iklim di Jakarta, Jumat.

Baca selengkapnya di sini

2. Pemerintah terbitkan Samurai Bonds 100 miliar yen guna biayai defisit

Pemerintah menerbitkan Surat Utang Negara (SUN) dalam valuta asing berdenominasi yen atau Samurai Bonds senilai 100 miliar yen yang akan dimanfaatkan untuk pembiayaan defisit anggaran, termasuk penanganan dan pemulihan pandemi COVID-19.

Keterangan Pers Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko yang diterima di Jakarta, Jumat, menyatakan penerbitan Samurai Bonds ini terdiri dari lima seri yaitu RIJPY0723, RIJPY0725, RIJPY0727, RIJPY0730 dan RIJPY0740.

Baca selengkapnya di sini

3. Kemenkeu ungkap penyebab serapan anggaran kesehatan COVID tak maksimal

Kementerian Keuangan (Kemenkeu) meningkatkan koordinasi dan sinergi bersama kementerian/lembaga terkait untuk mendorong penyerapan anggaran bidang kesehatan dalam rangka pemulihan akibat pandemi COVID-19.

Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kemenkeu Febrio Nathan Kacaribu mengatakan penyerapan anggaran untuk bidang kesehatan tidak maksimal karena terdapat kendala dalam proses administrasi.

Baca selengkapnya di sini

4. Menkop targetkan Juli 2020 dana pemulihan ekonomi tersalur 50 persen

Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Teten Masduki menargetkan penyaluran dana pemulihan ekonomi nasional senilai Rp1 triliun melalui Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (LPDB-KUMKM) pada akhir Juli 2020 bisa mencapai 50 persen.

"Untuk saat ini, baru terserap sekitar 23 persen," ujar Teten didampingi Direktur Utama LPDB KUMKM Supomo saat meninjau petani bawang merah di Desa Kedungwaru Lor, Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Demak, yang menerima pinjaman permodalan dari Koperasi Unit Desa Mintorogo di Demak, Jumat.

Baca selengkapnya di sini

5. Saham Pizza Hut anjlok, emiten pengelola berharap investor lebih bijak

Emiten pengelola Pizza Hut PT Sarimelati Kencana Tbk berharap investor dapat lebih bijak dalam mengambil keputusan merespons saham perseroan yang sempat anjlok pada Kamis (2/7) seiring kabar perusahaan pemegang waralaba terbesar Pizza Hut di Amerika Serikat (AS) NPC International yang terancam bangkrut.

"Untuk harga saham, kami berharap para investor dapat menelaah dan mempelajari terlebih dahulu sebelum mengambil keputusan. Kami menyerahkan sepenuhnya fluktuasi harga pada mekanisme pasar di bursa," kata Sekretaris Perusahaan PT Sarimelati Kencana Tbk Kurniadi Sulistyomo saat dihubungi di Jakarta, Jumat.

Baca selengkapnya di sini
Pewarta : Mentari Dwi Gayati
Editor: Kelik Dewanto
COPYRIGHT © ANTARA 2020