Kebocoran gas diduga penyebab kebakaran di kawasan Pondok Rumput

Kebocoran gas diduga penyebab kebakaran di kawasan Pondok Rumput

Petugas Damkar Jakarta Selatan dibantu oleh warga memadamkan api yang membakar sejumlah ruko di kawasan Pondok Rumput, tepatnya di Jalan Payakumbuh, Pasar Manggis, Jakarta Selatan, Selasa (7/7/2020) (ANTARA/HO-Damkar Jakarta Selatan)

Jakarta (ANTARA) - Kebocoran gas diduga menjadi penyebab kebakaran sejumlah bangunan rumah toko (Ruko) di kawasan Pondok Rumput, tepatnya di Jalan Payakumbuh, RT 07/RW 09 Kelurahan Pasar Manggis, Jakarta Selatan, Selasa siang.

Petugas piket Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Kota Jakarta Selatan, Suparman mengatakan kebakaran sejumlah bangunan tersebut berawal dari kebocoran gas di salah satu ruko penjual meubel.

"Salah satu pertokoan sedang memasak di tinggal beraktivitas, tidak sadar dapur terbakar," kata Suparman.

Menurut Suparman, pemilik bangunan sempat mencoba memadamkan kobaran api menggunakan alat pemadam api ringan (APAR) tetapi api sudah terlanjut membesar.

"Api sudah keburu membesar, kemudian warga bernama Pak Reza menghubungi Damkar sektor VI Tebet," kata Suparman.

Sebanyak 19 unit pemadam dikerahkan ke lokasi untuk memadamkan kobaran api yang melalap sekitar 40 rumah terdiri atas rumah dan toko dengan luas area yang terbakar kurang lebih 2.000 meter per segi.

"Tidak ada korban jiwa yang dilaporkan, kerugian ditaksir mencapai Rp1 miliar," kata Suparman.

Kebakaran dilaporkan pukul 09.51 WIB, petugas pemadan tiba di lokasi pukul 10.01 WIB dan kobaran api dapat dipadamkan sekitar pukul 14.24 WIB.

Baca juga: 13 unit mobil pemadam meluncur ke Pondok Rumput, Jakarta Selatan
 
Pewarta : Laily Rahmawaty
Editor: Edy Sujatmiko
COPYRIGHT © ANTARA 2020