Kemarin gempa melanda beberapa daerah, 43 daerah tanpa kasus COVID-19

Kemarin gempa melanda beberapa daerah, 43 daerah tanpa kasus COVID-19

Dua warga negara Inggris mengikuti persembahyangan bersama dalam upacara Pamahayu Jagat di Pura Besakih, Karangasem, Bali, Minggu (5/7/2020), untuk memohon agar wabah COVID-19 segera berlalu menjelang dimulainya fase normal baru di Bali pada 9 Juli 2020. ANTARA FOTO/Nyoman Hendra Wibowo/aww.

Jakarta (ANTARA) - Pada Selasa (7/7) gempa terjadi di Lebak, Banten, serta wilayah Laut Jawa dan dampaknya terasa di sejumlah daerah di Pulau Jawa, Bali, Lombok, dan Sumatera bagian selatan.

Selain itu ada warta mengenai perkembangan penanggulangan COVID-19 di daerah yang bisa dibaca kembali dalam ringkasan berita berikut.

Guncangan akibat gempa di Laut Jawa dirasakan di wilayah yang luas

 Gempa bumi dengan magnitudo 6,1 yang terjadi di Laut Jawa pada Selasa pagi guncangannya dirasakan di wilayah yang luas menurut Kepala Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Daryono.

Menurut dia, guncangan akibat gempa tersebut dirasakan di daerah Karangkates dan Nganjuk di Jawa Timur; Daerah Istimewa Yogyakarta; Purworejo, Kebumen, Banjarnegara, dan Boyolali di Jawa Tengah; Pangandaran dan Garut di Jawa Barat; Krui, Sekincau, dan Semaka di Lampung; Gianyar, Kuta, Denpasar, dan Karangasem di Bali; serta Lombok Barat dan Mataram di Nusa Tenggara Barat.

Gempa di Lebak getarannya terasa di Jakarta

Gempa bumi bermagnitudo 5,1 yang pada Selasa pukul 11.44.14 WIB terjadi di 18 km barat daya Rangkasbitung, Banten, getarannya terasa hingga wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya.

Kepala Kepala Bidang Informasi Gempabumi dan Tsunami Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Tiar Prasetya mengatakan bahwa di Jakarta, getaran akibat gempa itu terasa pada skala II Modified Mercalli Intensity (MMI), dirasakan oleh beberapa orang dan membuat benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

Gempa di Jepara getarannya terasa hingga DIY

Gempa bumi dengan magnitudo 6,1 yang pada Selasa pagi terjadi di 53 km barat laut Jepara, Provinsi Jawa Tengah, getarannya terasa di beberapa bagian wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Supervisor Pusat Gempa Regional VII Stasiun Geofisika Yogyakarta Nugroho Budi W menjelaskan bahwa getaran akibat gempa di Jepara terasa di daerah Mlati, Kabupaten Sleman; Sedayu, Kabupaten Bantul; serta beberapa bagian Kulon Progo.

43 daerah tanpa kasus COVID-19

Tim Pakar Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 menyatakan bahwa berdasarkan pemetaan zonasi risiko yang dilakukan di 514 kabupaten/kota di Indonesia dalam sepekan terakhir 43 kabupaten/kota sudah tanpa kasus baru COVID-19, berada dalam zona hijau.

Selain itu, Tim Pakar Gugus Tugas menyatakan bahwa hingga 5 Juli 2020 sebanyak 61 daerah di Indonesia tidak terdampak COVID-19.

40 ribu masker bantuan Pemerintah Guangzhou dibagikan ke warga Surabaya

Pemerintah Kota Surabaya menerima bantuan 40 ribu masker dari Pemerintah Kota Guangzhou, China, dan akan membagikannya kepada warga.

"Nanti langsung didistribusikan kepada warga Surabaya," kata Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini.

 
Pewarta : Prisca Triferna Violleta
Editor: Maryati
COPYRIGHT © ANTARA 2020