Jakarta (ANTARA) - Juara dunia dua kali Fernando Alonso akan kembali ke Formula 1 tahun depan bersama Renault setelah dua tahun meninggalkan ajang balap jet darat itu.

Renault Rabu ini resmi mengumumkan kembalinya sang pebalap Spanyol yang mempersembahkan gelar bagi pabrikan asal Prancis itu pada 2005 dan 2006.

Alonso akan menjadi rekan pebalap 23 tahun asal Prancis, Esteban Ocon, menggantikan Daniel Ricciardo yang pindah ke McLaren akhir musim ini.

"Renault adalah keluargaku, kenangan terindahku di Formula 1 dengan dua gelar juara dunia tersebut," kata Alonso seperti dikutip Reuters, Rabu.

"Ini adalah sumber kebanggaan dan dengan emosi yang luar biasa aku kembali ke tim yang memberiku peluang di awal karirku dan sekarang menyediakan aku kesempatan untuk kembali ke tingkat tertinggi."

Baca juga: Hankook Tire jadi ban resmi Formula E

Alonso tahun depan akan berusia 39 tahun dan membela Renault untuk ketiga kalinya, setelah sebelumnya juga bersama mereka pada 2008 dan 2009.

Renault tidak menyebut berapa lama kontrak dengan Alonso berlaku, namun diyakini berjalan dua musim.

Selain dua gelar juara dunia, Alonso merupakan pemenang 32 Grand Prix selama karirnya di F1.

Dia melewatkan tiga gelar pada 2007 bersama McLaren, dan 2010 serta 2012 ketika membela Ferrari, setelah kalah dari Kimi Raikkonen dan Sebastian Vettel.

"Aku punya prinsip dan ambisi yang sejalan dengan proyek tim," kata Alonso tentang tim yang finis peringkat lima konstruktor musim lalu itu.

Baca juga: Alonso dikabarkan siap kembali ke F1 bersama Renault pada 2021

"Progres mereka musim dingin ini memberi kredibilitas dan tujuan untuk musim 2022 dan aku akan membagi semua pengalaman membalapku kepada setiap orang mulai dari engineer hingga mekanik dan rekan-rekan timku."

Bos tim Renault Cyril Abiteboul pun menyambut baik kembalinya pebalap veteran itu.

"Kekuatan hubungan antara dia, tim dan fan membuat dia sebagai pilihan yang natural. Selain kesuksesan di masa lalu, ini adalah keputusan yang mutual juga suatu proyek untuk masa depan," kata Abiteboul.

Resminya Alonso ke Renault berarti satu pintu tertutup bagi juara dunia empat kali Sebastian Vettel.

Masa depan Vettel belum jelas setelah Ferrari tak memperpanjang kontrak pebalap Jerman yang akan digantikan oleh Carlos Sainz, yang tumbuh mengidolakan Alonso, tahun depan.

Baca juga: Ferrari bawa upgrade lebih awal ke balapan kedua Formula 1 di Austria


 

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2020