Jakarta (ANTARA) - Sejumlah informasi penting menghiasi berita ekonomi pada Rabu (8/7) kemarin, mulai dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang menilai pertumbuhan ekonomi Kuartal III merupakan kunci pemulihan ekonomi nasional hingga Bank Mandiri menggelontorkan dana pemerintah ke kredit padat karya dan pangan.

Berikut rangkuman berita selengkapnya yang masih menarik untuk dibaca:


1. Presiden : Pertumbuhan ekonomi kuartal III akan jadi kunci pemulihan Presiden Joko Widodo menilai realisasi pertumbuhan ekonomi di kuartal III nanti akan menjadi kunci pemulihan ekonomi nasional untuk keseluruhan tahun.

Presiden berharap di kuartal III 2020 kegiatan Produk Domestik Bruto (PDB) tidak terkontraksi dan tetap bertumbuh sehingga akan mempercepat upaya pemulihan ekonomi domestik dari tekanan yang diakibatkan pandemi COVID-19.

Baca selengkapnya di sini

 

2. IHSG diperkirakan masih cenderung melemah, seiring bursa global Indeks Harga Saham gabungan (IHSG) Bursa Efek Indonesia (BEI) pada Rabu diperkirakan masih akan cenderung melemah seiring koreksi bursa saham global.

IHSG dibuka menguat 4,17 poin atau 0,08 persen ke posisi 4.991,25. Sementara kelompok 45 saham unggulan atau indeks LQ45 bergerak naik 1,1 poin atau 0,14 persen menjadi 776,99.

Baca selengkapnya di sini
 

3. Kapasitas tes meningkat, Luhut: pemerintah fokus tangani pandemi Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan pemerintah fokus menangani pandemi COVID-19 yang dibuktikan dengan meningkatkan kapasitas tes hingga rata-rata sebanyak 20.308 tes per hari.

Ia pun mengatakan transisi pembatasan sosial berskala besar (PSBB) dilakukan dengan kewaspadaan tinggi dan promosi kesehatan terus dilakukan pemerintah secara masif baik di media sosial, media massa hingga lingkup masyarakat.

Baca selengkapnya di sini

 

4. Dewan Koperasi dukung jalan damai kasus Indosurya Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin) mendukung jalan damai yang ditempuh Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Indosurya Cipta untuk menyelesaikan kewajiban pembayaran kepada nasabah.

"Soal damai boleh saja, bagus. Kita semua harus damai. Tapi, damai yang masuk akal, ada jaminan, berikan harapan ke anggota," kata Wakil Ketua Umum Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin) Raliansen Saragih menanggapi proposal damai yang ditawarkan kepada nasabah, dalam keterangannya di Jakarta, Rabu.

Baca selengkapnya di sini

 

5. Mandiri gelontorkan dana pemerintah ke kredit padat karya dan pangan Bank Mandiri menggelontorkan Rp10 triliun dana pemerintah yang disalurkan untuk kredit padat karya dan ketahanan pangan karena dua sektor ini menyerap banyak tenaga kerja.

“Kami perlu segera menggerakkan seluruh sektor usaha agar dampak pandemi COVID-19 tidak berlarut-larut dan ekonomi domestik segera bangkit,” kata Direktur Utama Bank Mandiri Royke Tumilaar di Jakarta, Rabu.

Baca selengkapnya di sini

 

Pewarta: Juwita Trisna Rahayu
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2020