Jakarta (ANTARA News) - Salah seorang pionir rapper Indonesia, Iwa K bangga lagu-lagunya dinyanyikan oleh Sai R42 dan Glen Fredly dalam gelaran musik Axis Jakarta International Java Soulnation Festival 2009 akhir minggu lalu.

"Aku merasa senang lagu `Bebas` dibawakan musisi sekelas Glen Fredly dan Sai," kata Iwa K di Jakarta, Senin.

Glen bersama beberapa musisi yang tergabung dalam proyek "Indonesia Unite" tampil di hari kedua gelaran Soulnation (Sabtu,31/10) menyanyikan lagu "Bebas" milik Iwa K.

Musisi yang tergabung dengan "Indonesia Unite" yang tampil diiringi oleh Barry Likumahuwa antara lain Panji Pragiwaksono, Neo, J-flow, Soul Id, Taiko, Rayi RAN dan Dewi Sandra.

Sedangkan personel grup rap R42, Sai yang tampil pada hari pertama Soulnation (Jumat,30/10) menyanyikan dua lagu milik dedengkot rap Indonesia, Iwa K yaitu "Malam Ini Indah" dan "Bebas".

"Ini 'a tribute' (penghormatan) untuk Iwa K," kata Sai setelah menyanyikan dua lagu milik rapper Indonesia itu yang digubah menjadi lebih menarik.

Sai mengatakan sebenarnya Iwa K akan tampil bareng dengannya, tapi dia membatalkannya karena ada kesibukan lain.

"Kalau memang tidak ketemu dengan penyelenggara, ya tidak usah dipaksakan," kata Iwa.

Java Festival Production (JVP) selaku penyelenggara sendiri mengaku telah mengundang semua musisi beraliran hip-hop dan rap termasuk Iwa K dan Saykoji.

"Kita undang semua musisi di genre ini, tapi kalau ternyata musisi itut tidak bisa mengisi di Soulnation 2009 ini, kita tidak bisa memaksa," kata Koordinator Program JVP, Eki Puradiredja dalam jumpa pers penyelenggaraan Axis Jakarta Internasional Java Soulnation Festival 2009 di Jakarta, Kamis. (*)

Pewarta:
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2009